ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR
        Hai sobat sekalian kali ini,apa kabar kalian ? Saya harap semuanya selalu dalam kebaikan. Dan tanpa basa basi lagi,kali ini saya akan bagikan kepada sobat sekalian tentang Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya Dslr,agar foto yang biasa-biasa saja nanti akan terlihat terfokus pada objek yang di inginkan layaknya hasil jepretan kamera Dslr.
Nah mungkin cara ini cocok nih buat sobat yang suka dengan foto-foto namun belum punya kamera Dslr. Walaupun cuma dengan kamera yang pas-pasan atau mungkin kamera smartphone yang belum ada fitur fokus secara otomatis maupun manual cara ini mungkin dapat menjadi alternatif bagi sobat sekalian untuk memperindah hasil jepretan sendiri. Oke kalau begitu langsung saja kita simak.

        Sebagai contoh saya akan menggunakan foto ini:


        Perlu di perhatikan,pada foto ini saya akan bagi menjadi tiga objek. 
pertama ada pada orang memakai kemeja merah sebagai objek utama/Fokus.
kedua ada pada pohon belakang orang tersebut sebagai middle atau bisa dibilang objek antara fokus dan background yang berguna menguhubungkan antara fokus dan background dengan menggunakan gradasi tingkatan blur.
ketiga ada pada objek mobil serta orang-orang di belakang sebagai background atau bisa di bilang objek terjauh


1.   Langkah pertama,seperti biasa,kita buka foto yang akan di edit,dan langsung kita duplikat pada layer backgroundnya. Pada layer hasil duplikat kita namai misal "background"


2.   Berikutnya atur level pencahayaan gambar dengan pilih Image - Adjustments - Levels atau bisa dengan menekan Ctrl + L, atur levels sesuai keingininan sobat,atau bisa pilih Auto untuk lebih memudahkanya,setelah itu duplikat lagi layer Background yang sudah di atur levelnya,kita beri nama layer "fokus".


3.   Oke sekarang kita mulai dengan penyeleksian objek-objek foto,baca juga cara terbaik seleksi foto secara rapi. Kita mulai dari menyeleksi objek utama pada layer fokus, setelah selesai membuat garis seleksi, pilih add layer mask pada layer yang sudah di buat garis seleksi/layer fokus. setelah itu kita load selection untuk memunculkan garis seleksi yang tadi.

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR

4.   setelah itu kita kembali ke layer background lagi dan duplikat layer background dengan cara drag  layer dan arahkan ke option new layer kita namai layer hasil duplikat dengan nama "middle". Kemudian perluas garis seleksi dengan Quick selection tool seperti gambar di bawah ini.

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR

5.   Setelah itu add layer mask pada layer middle yang sudah di perluas garis seleksinya tadi.


6.   Nah sekarang kita sudah memiliki 3 layer yaitu fokus,middle,dan background .

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR

7.   Seperti yang sudah saya paparkan di awal tadi tentang 3 objek,sekarang kita akan mengatur tingkatan blur. Kita mulai dari layer background. pilih Filter - Blur - Field Blur kemudian atur sesuai keinginan sobat sekalian. pada foto ini saya atur seperti ini.

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR

8.   Lanjut untuk mengatur tingkat blur pada layer middle caranya sama seperti di atas,dan ini pengaturan pada foto saya.


Tips : Objek yang paling jauh atur tingkatan blurnya ke tingkat yang tinggi,seperti pada contoh,pada layer background saya atur tingkat blurnya menjadi 10px dan pada layer middle saya atur 7px

9.   Tahap terakhir adalah menyamarkan gradasi tingkat blur dengan Smudge tool sapukan pada layer fokus untuk menyamarkan gradasi blurnya.

Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya DSLR

Dan inilah hasil akhirnyaa........!!!!!!!!


        Gimana ? yah,meskipun gak sebagus dan sedetail hasil jepretan Dslr paling tidak bisa menyerupailah hehehe... Tapi ada cara lain untuk bisa sama persis seperti Dslr yaitu,Rajin-rajinlah menambung,setelah terkumpul banyak, beli deh tuh kamera Dslr. hahahaha.....
Tapi semoga artikel Membuat Auto Fokus di Photoshop Layaknya Dslr dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.Thank You :-)






1 comment: Leave Your Comments

  1. takutnya kalau terlalu blur jadi terlihat kaku, tapi kalau di buat lebih blur mending pake efek bokeh, tapi trimakasih sarannya.

    ReplyDelete