ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Sangat Menyenangkan Belajar Secara Otodidak

Mungkin postingan saya kali ini tidak sesuai dengan tema atau niche blog yang lagi saya tekuni saat ini, tapi mungkin masih ada hubunganya lho. Yaap kali ini saya akan mengulas tentang metode pembelajaran, lebih tepatnya metode belajar secara otodidak. Kenapa otodidak ? karena ini sesuai menurut kegemaran saya yaitu belajar dengan cara otodidak. sebelum kita mengulas lebih jauh tentang otodidak, kita perlu mengetahui apa sih otodidak itu ?

Pengertian Otodidak

Menurut sumber yang sudah saya baca yaitu Wikipedia Otodidak adalah orang yang tanpa bantuan guru bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan dasar empiris yang besar dalam bidang tertentu. Mereka mendapatkan pengetahuan itu dengan cara belajar sendiri.
Biasanya orang yang disebut otodidak bergelut dalam bidang tertentu seperti seni,sastra,arsitektur dan kerajinan tangan. Di samping itu beberapa bidang bisa jadi sangat sempit, sehingga pendidikan yang sesungguhnya tidak ada, dimana seseorang mendiskusikan apakah pendidikan itu merupakan kemungkinan realistik.

Bagaimana ? masih bingung ? gini, menurut pengembangan saya otodidak yaitu metode belajar sendiri tanpa bantuan guru atau pendidikan formal maupun perantara yang mengajarkan. Jadi biasanya seorang otodidak itu belajar dengan menggunakan sebuah tutorial,refrensi,teori,buku petunjuk dan juga praktek sebagai metode seorang otodidak belajar.

Di sini saya juga termasuk orang yang gemar belajar secara otodidak lho, asal sobat tau blog serta tema blog yang saya geluti saat ini sebagian merupakan hasil saya berotodidak juga. Yah, tapi sebagian juga saya dapatkan dengan belajar dengan guru yang lebih paham. hehehe. Jika sobat ada yang berminat atau sobat sendiri juga lagi ada yang sedang menekuni belajar secara otodidak, biasanya ini adalah ciri-ciri orang yang suka berotodidak.

Ciri-Ciri Orang Otodidak

  • Terbuka, orang suka berotodidak cenderung memiliki sifat yang terbuka. Mereka tidak akan meyangkal hal-hal yang baru dan perubahan yang terjadi. Karena sendirinya, orang berotodidak menyukai dan menyikapi secara positif terhadap perubahan maupun hal-hal yang baru.
  • Rasa Ingin Tahu, besarnya rasa ingin tahu dari orang yang berotodidak menjadikan dorongan seorang otodidak untuk mempelajari hal-hal yang dianggapnya menarik dan mampu untuk di pelajari.
  • Kreatif, karena seorang otodidak cenderung melakukan kesalahan, maka praktek yang berulangpun juga di lakukan untuk memperbaiki kesalahan yang ada. Nah dari situ, seorang otodidak juga dapat menemukan hal-hal baru dan dari hal baru tersebut bisa di jadikan sebagai pengembangan terhadap hasil karya yang sudah dipraktekan. Maka dari itu hasil karya yang dihasilkan seorang otodidak akan lebih kreatif dan menjadi hal yang baru.
  • Rela berkorban, yang di maksud rela berkorban di kasus ini adalah seorang yang belajar secara otodidak biasanya mempelajari yang menurutnya dianggap menarik atau hal yang disukai. Nah demi hal yang dia sukai tersebut seorang yang berotodidak akan rela berkorban secara,fisik,mental,maupun materi untuk menggali lebih dalam lagi dalam menggali ilmu yang sedang di pelajari.
  • Selalu Ingin Tampil Beda, orang berotodidak cenderung menyukai hal-hal yang baru dan suka bereksperimen untuk menemukan hal yang baru tersebut, karena hal menurutnya sudah terlalu mainstream akan sangat membosankan baginya.
Nah mungkin sobat termasuk dalam ciri-ciri tersebut,hehehe. Kalau pun tidak ada semua itu juga bukan menjadi bahan dasar patokan untuk belajar secara otodidak kok, yang terpenting mempunyai kemauan dalam hal belajar. Nah sekarang bagi sobat yang mau belajar secara otodidak, nih saya kasih tips-tipsnya, semoga dapat bermanfaat

Tips Belajar Secara Otodidak

  • Kenali metode cara sobat belajar, maksudnya kenali cara sobat belajar sesuai dengan kesukaan sobat, apakah itu menggunakan teori,tutorial gambar maupun video atau bisa dua-duanya. Semua itu tergantung sobat, mana yang lebih sobat untuk mudah memahaminya.
  • Kenali dulu dasar poin yang tidak terlalu sepisifik dalam tiap-tiap step atau tahapan.
  • Teliti adalah sesuatu yang sangat penting dalam berotodidak, pahami secara mendetail setiap tahapan petunjuk yang tersedia.
  • Jaman modern seperti ini dapat sobat manfaatkan untuk mereview metode berotodidak seperti memanfaatkan teknologi,dan juga informasi yang ada didunia browsing/internet. Misal saat sobat sedang mengikuti tahapan/step belajar dalam bidang tertentu, sobat menemukan istilah-istilah yang mungkin sobat tidak paham. Nah di situ sobat dapat menggunakan search engine yang ada di dunia internet untuk mencari informasi atau review dari berbagai situs tentang istilah yang sobat kurang pahami tadi.
  • Bergabung dengan forum diskusi atau kelompok yang membahas tentang bidang yang sobat sedang tekuni dalam berotodidak. Hal ini dapat membantu sobat dalam menggali informasi dan bertukar pikiran sesama anggota forum maupun kelompok.
  • Praktek, Tanpa mempraktekan sesuatu yang sudah di pelajari secara teori maupun tutorial tahapan, seorang otodidak tidak akan memahami secara spesifik tentang bidang yang sedang di tekuni.
  • Belajar dengan suasana dan situasi yang mendukung serta sesuai dengan kegemaran sobat. Emosional seorang otodidak sangat mempengaruhi dalam hal berkosentrasi dan pemahaman. Dan kegemaran dalam bidang yang disukai dapat memberikan motivasi lebih terhadap minat belajar.
Sebenarnya masih banyak lagi tips dalam berotodidak. Intinya semangat, karena berotodidak tidak ada guru pembimbing atau bantuan dari orang lain, jadi motivasi diri sendiri sangat di perlukan. Tekun dan Teliti saat memahami petunjuk yang ada dan di pelajari sendiri. Pantang menyerah, biasanya saat berotodidak banyak kendala yang harus dihadapi, seperti teori atau tutorial yang susah di mengerti, kegagalan saat mempraktekan karena kurang teliti dan masih banyak lagi. Makanya kegigihan dalam belajar sangat diperlukan dalam hal belajar secara otodidak.

Mungkin itu tadi sobat ulasan saya mengenai otodidak. Sekarang apakah sobat termasuk orang yang gemar atau pun punya minat untuk berotodidak ?. Yang jelas mau belajar secara otodidak maupun formal yang penting rajin. Karena di mana-mana rajin belajar adalah yang membuat kita menjadi semakin pandai, yaaa nggak ? hehehe. Semoga artikel tadi dapat bermanfaat bagi sobat sekalian semua. Thanks You ;-)



0 komentar:

Post a Comment