ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop


Tutorial Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop
        Seni artistik belakangan ini menjadi sesuatu hal yang populer untuk diperbincangkan. Apalagi menggabungkan seni dengan fotografi yang sekarang ini sangat populer di semua kalangan. Tidak hanya seorang fotografer, siapa saja berlomba untuk mendapatkan image yang menarik untuk dipublikasikan di media sosial.
Sekarang saya akan bagikan kepada sobat sekalian tentang tutorial edit foto smudge painting. Apa itu smudge painting ? smudge painting yaitu teknik mengekplorasi foto atau gambar dengan cara "menggosok" atau "menyapu" dengan menggunakan smudge tool yang ada pada software photoshop. Untuk kegunaan smudge tool secara detail, sobat bisa membacanya Di Sini(Fungsi dan Kegunaan Tools Pada Toolbox Photoshop). Jadi smudge painting ini bisa dikatakan membuat foto/gambar dengan efek seperti lukisan. Sebenarnya masih banyak tool di photoshop yang dapat di gunakan untuk membuat efek seperti ini. Namun teknik ini sudah sangat populer dan banyak digunakan oleh para desainer. Masih penasaran ? Oke tidak usah lama-lama lagi, sekarang mari kita simak tutorialnya.


1.   seperti biasa, langkah pertama memilih dan membuka foto/gambar ke photoshop. Usahakan foto/gambar yang akan di edit memiliki kualitas dan resolusi yang tinggi, agar nanti saat foto/gambar di perbesar tidak pecah ataupun blur. Dan sekarang saya akan menggunakan foto sebagai berikut :


2.   Dalam foto ini objek yang akan saya edit adalah anak kecil dengan sepedanya. Maka dari itu saya akan memanipulasi backgroundnya dengan gambar yang sudah saya ambil dari mbah google. Jika sobat belum tau cara menyeleksi objek dan mengganti background foto bisa baca Di Sini.


3.   Setelah objek saya seleksi dan mengganti backgroundnya. Atur pencahayaan objek supaya dapat menyesuaikan gambar background yang sudah di set dengan mengatur :

   a. levels
   Caranya pada layer kid pilih Image - Adjustments - Levels lalu sobat bisa pilih Auto atau sesuai pada gambar berikut.


   b. Selective color
   Masih di layer kid pilih Image - Adjustments - Selective color, atur sesuai keinginan sobat atau bisa seperti pada gambar berikut.


   c. Color Balance
   Pilih Image - Adjustments - Color balance, atur sesuai pencahayaan gambar yang sudah sobat pilih atau bisa seperti ini.


   d. Brightness/Contras
   Pilih Image - Adjustments - Brightness/Contras, silahkan sobat atur bisa sesuai pada gambar berikut.


4.   Sekarang bisa gabungkan objek foto yang sudah di seleksi dengan background yang sudah di tentukan. Tapi bisa juga tidak usah digabung dulu. Dan saya akan namai layer gabungan tersebut dengan nama "kid".

5.   Sekarang tajamkan layer kid dengan pilih Filter - Sharpen - Sharpen. Lalu duplikat layer kid dan akan muncul layer kid copy.

6.   Selanjutnya kita buat tekstur foto menjadi kasar dengan cara pada layer kid copy set blending option dari normal menjadi overlay, lalu pilih Filter - Other - High pass. Atur seperti gambar berikut. Setelah itu gabungkan layer kid copy tersebut dengan layer kid.



7.  Kemudian masih di layer kid kita duplikat lagi dan muncul lagi layer kid copy lalu pilih Filter - Sharpen - Unsharp Mask dan sobat bisa atur seperti ini. Gabungkan lagi layer kid copy dengan layer kid.


8.   Hampir sama dengan langkah nomer 6. Kita duplikat lagi layer kid dan muncilul layer kid copy . Pada layer kid copy 1 set blending option dari normal menjadi vivid light. Kemudian pilih Filter - Other - High Pass atur sebagai berikut.


9.   Kemudian kita gabungkan lagi layer kid copy dengan layer kid. Lalu kita duplikat dua kali layer kid dan akan muncul layer kid copy dan kid copy 2.

10.   Sekarang kita mulai untuk menggosok gambar pada layer kid copy 2 dengan pilih smudge tool yang ada di toolbox photoshop. perhatikan menu option bar !! Sobat bisa atur pola smudge layer seperti gambar berikut. Kemudian atur strength smudge tool dan hilangkan centang pada Sample All Layer.


11.   Kemudian perbesar foto/gambar dan mulai untuk menggosok setiap bagian-bagian objek secara bertahap. Disini di butuhkan ketelitian dan kejelian sobat sekalian. Bisa dilihat pada gambar berikut
bisa kita mulai dari bagian wajah, tangan, baju, sepeda.

Tutorial Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop

12.   Setelah selesai, kurang lebih hasilnya akan seperti ini. Dan kita rapikan bagian yang belum rapi.


13.   Pada bagian rambut usahakan gunakan pola smudge seperti pada gambar berikut atau yang sejenisnya. Tujuanya adalah pada saat kita menggosok bagian rambut dapat menghasilkan garis-garis mengikuti pola rambut.




14.   jika sudah selesai, maka akan terlihat hasilnya kurang lebih seperti ini.


Sampai tahap ini, bisa di  katakan sudah selesai. Namun untuk mempercantik hasilnya agar terlihat seperti lukisan, saya akan memberikan tambahan untuk membuatnya lebih menarik.


     a. kita seleksi lagi objek foto yang sudah kita edit tadi, kemudian masukan background yang sama seperti tadi ( kok terlihat seperti 2X kerja yaa ? hehehe ). Memang iya, tapi sobat bisa pada awal tadi tidak usah menggabungkan dulu antara objek dengan backgroundnya. Tapi ya sudahlah, kan fleksibel hehehe... Yang terpenting adalah imajinasi kita dalam membuat suatu kreasi.

     b. Oke jika sudah, duplikat background tadi.


     c.  Lalu kita drag background hasil duplikat ke atas layer objek yang sudah kita seleksi tadi, sehingga akan menutupi layer hasil seleksi objek. Kemudian pada layer background yang paling atas kita pilih Erasse Tool dengan hardness 0%. Hapus layer background paling atas dengan erasse tool untuk memunculkan objek foto yang sudah kita seleksi tadi seperti pada gambar berikut.


     d. Tahap terakhir pilih Brush Tool dan atur pola brush sesuai keinginan sobat dan pilih warna sesuai background. Kemudian Brush bagian tepi foto/gambar dengan warna menyesuaikan background. Bisa juga gosok menggunakan smudge tool pada background. Sehingga hasil akhirnya akan terlihat seperti ini.

Tutorial Membuat Efek Smudge Painting di Photoshop

Bagaimana sobat ? Susah ? tidak juga, sering - sering berlatih dan mencoba untuk mengasah kreatifitas kita sobat. Dan semoga artikel tadi dapat bermanfaat bagi sobat sekalian, jangan lupa tinggalkan komentar jika ada hal-hal yang kurang paham.

0 komentar:

Post a Comment