ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Kelebihan dan Kekurangan Belajar Secara Otodidak

Di dunia ini tidak ada hal yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Yaap sesuai kata-kata di atas, segala sesuatu pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing. Postingan saya sebelumnya sudah saya berikan ulasan tentang berotodidak. So...buat sobat sekalian yang suka mempelajari sesuatu secara otodidak, perlu di perhatikan nih kelebihan maupun kekurangan berotodidak, siapa tau bisa menjadi refrensi untuk lebih lihai dalam berotodidak hehehe.... Oke tidak perlu berlama-lama lagi dan berikut merupakan kelebihan dan kekurangan berotodidak.

Kelebihan Otodidak :


Dalam berotodidak kita mungkin akan mendapatkan poin-poin lebih dari pada belajar secara formal seperti :
  • Mendapatkan ilmu secara sepisifik dari awal sampai akhir dalam mempelajari bidang yang di tekuni secara otodidak, dan hal itu akan mudah terekam di otak sehingga susah terlupakan ilmu yang sudah di pelajari.
  • Memiliki kebebasan sesuai suasana hati dalam bereksperimen.
  • Dapat mengembangankan ilmu secara logika dari hasil bereksperimen dan praktek, sehingga bisa menemukan hal-hal baru dalam bidang yang di pelajari.
  • Kepuasan tersendiri dalam mencapai puncak saat mempelajari bidang tertentu apalagi dapat menjadi ahli dalam bidang itu sendiri.

Kekurangan Otodidak :

Ada kelebihan pasti ada juga kekurangan, seperti yang sudah saya ulas tentang berotodidak, sebenarnya berotodidak ini bagi saya menjadi hal yang sangat luar biasa. Namun di balik itu semua terdapat hal yang mengambat dalam berotodidak, seperti :

  • Orang berotodidak akan lebih membutuhkan waktu yang lama dalam mempelajari sesuatu di banding orang yang belajar secara formal atau dengan sosok pembimbing.
  • Terlalu lama dalam memahami sebuah teori yang di sajikan.
  • Cenderung melakukan kesalahan dan kegagalan hasil karya saat sedang bereksperimen dan juga praktek.
  • Stres, akibat kesalahan berkali-kali karena banyaknya istilah baru yang kurang dimengerti dalam petunjuk yang ada, dan juga teori atau petunjuk yang terlalu ribet.
  • Pembelajaranya tidak sistematis.
Sebenarnya masih lagi hal-hal yang menjadi kelebihan maupun kekurangan. Tapi apapun itu jangan pernah berhenti untuk belajar dan belajar, entah secara otodidak maupun dengan pembimbing yang penting harus terus belajar dan berlatih agar dapat bermanfaat.

1 comment: Leave Your Comments