ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Edit Foto Menjadi Sketsa 3D

Tutorial Edit Foto Menjadi Sketsa 3D
        Hai sobat grafisarena, pertama kalinya di tahun 2016 ini saya posting artikel. Beberapa bulan kemaren sempat vakum ngurus blog karena terkendala dengan sibuknya pekerjaan hehehe. Oke, kali ini saya akan posting artikel mengenai tutorial photoshop sketsa gambar 3D. Apa itu ? yaitu membuat sebuah gambar/atau foto menjadi sebuah sketsa gambar 3 dimensi. Dan tidak usah lama-lama lagi mari kita mulai.




Step 1

Pertama kita siapkan gambar atau foto yang akan kita edit. Di sini saya menggunakan tiga gambar yaitu gambar untuk background dengan gambar bertekstur kayu, gambar kedua yaitu gambar kertas biar terlihat menarik dan seolah-olah gambar sketsa itu di gambar di sebuah kertas sebagai contohnya. Namun sobat bisa berkreasi sendiri sesuai yang sobat inginkan, tinggal cari di mbah google aja banyak kok.
             
 





Kemudian untuk gambar yang ketiga saya menggunakan gambar foto cewek, nah sobat bisa menggunakan foto sobat sendiri atau orang lain untuk di kreasikan.

Step 2

Selanjutnya tinggal kita buka di Photoshop. Kita masukan gambar kayu ke dalam photoshop sebagai background, dan kemudian tumpuk gambar kayu dengan gambar kertas seperti berikut :


Untuk layer pada gambar kertas bisa kita atur pada bleding option bagian drop shadow agar kertas tersebut seperti ada bayangannya. Setelah itu masukan dan tumpuk gambar atau foto di atas kertas seperti ini.


Jadikan layer gambar kayu dan kertas dalam satu group dan kita beri group dengan nama “background”.

Step 3

Duplikat layer 1 (layer foto) menjadi 3 dengan menekan Ctrl + J pada layer 1. Maka akan muncul layer 1 copy dan layer 1 copy 2. Kemudian drag layer 1 tempatkan pada posisi paling atas seperti berikut.


Hilangkan tanda indicates layer visibility pada layer 1. Kemudian, ubah menjadi “black and white” pada layer 1 copy dan layer 1 copy 2 dengan cara klik Image-Adjustment-Black & White atau bisa juga tekan tombol Alt+Shift+Ctrl+B lalu ok.

Step 4

Kemudian ubah set bleding mode pada layer 1 copy 2 dari “normal” menjadi “color dodge” maka jadinya akan seperti di bawah ini.

Tutorial Edit Foto Menjadi Sketsa 3D

Lalu pada layer 1 copy 2 klik tekan Ctrl+I untuk invert gambar.

Step 5

Masih pada layer 1 copy 2 klik Filter-Blur-Graussian Blur atur tingkatan blur sehingga menjadi seperti ini.


Step 6

Dan masih tetap pada layer 1 copy 2 atur level pencahayaan dengan cara pilih Image-Adjustment-Levels atau bisa juga dengan menekan keyboard Ctrl+L. Kemudian atur setingan seperti berikut.

Tutorial Edit Foto Menjadi Sketsa 3D

Lalu tambahkan setingan clipping mask dengan cara klik icon kotak kecil yang ada di bagian bawah box toolbar levels, seperti gambar di atas.

Step 7

Duplikat layer 1 copy dan muncul layer baru( layer 1 copy 3 ) dan drag layer 1 copy 3 ke atas layer mask atau tepat di bawah layer 1. Setelah itu pada layer 1 copy 3 pilih Filter-Filter Gallery-Pilih Sketch dan pilih mode Charcoal. Atur seperti gambar berikut atau bisa sesuai selera sobat sekalian bagaimana tingkatan sketsa gambarnya.


Step 8

Jika sudah atur set blending mode dari “normal” menjadi “multiply”. Pada langkah ini untuk mengatur blending mode nya melewati icon add a layer style yang berada di bagian bawah palet dokumen dan pilih blending options, jika sobat belum mengenal bagian-bagian lembar kerja photoshop bisa baca Di Sini.

Tutorial Edit Foto Menjadi Sketsa 3D

Lalu atur seperti gambar berikut atau bisa sobat sesuaikan sendiri.

Step 9

Pada layer 1 copy, layer 1 copy 2,dan layer 1 copy 3 jadikan dalam satu group dan namai group dengan nama “sketsa”. Kemudian pada layer group “sketsa” atur blending mode dari “normal” menjadi “multiply”.


Step 10

Duplikat layer group “sketsa” menjadi dalam satu layer dengan cara stamp group yaitu pada layer group “sketsa” tekan Ctrl+Alt+E. Dan akan muncul layer baru hasil dari penggabungan layer yang ada di group “sketsa”.


Kemudian hilangkan tanda indicates layer visibility pada layer group “sketsa” dan pada layer hasil duplikat tadi kita tambahkan layer mask dengan cara klik add vector mask pada bagian bawah palet dokumen.

Step 11

Nah sampai di sini saya harap sobat sekalian mengerti. Lanjut, setelah di tambahkan layer mask lalu pilih Tool Brush dengan warna hitam. Sapukan di area gambar/foto untuk merapikan tepian gambar untuk menyamarkan dengan gambar background kertas, nanti jadinya seperti ini.



Step 12

Sampai sini sudah keliatan seperti sketsa kan sobat ? Tapi kita bisa mempercantik lagi agar lebih Nampak menarik. Layer yang paling atas atau layer 1 kita aktifkan tanda indicates layer visibility kemudian pilih add vector mask. Hampir sama dengan cara step 11, sapukan Tool Brush pada tepian gambar hingga menjadi seperti ini.

Tutorial Edit Foto Menjadi Sketsa 3D

Atur opacitynya menjadi 50%.

Step 13

Langkah terakhir atur curve nya dengan cara pilih Image-Adjustment-Curves atau bisa juga dengan tekan tombol keyboard Ctrl+M. Atur level masing-masing warna dari Red, Green, dan Blue sesuai dengan yang sobat inginkan. Dan jadinya seperti ini.



        Oke sobat grafisarena, mungkin segitu yang bisa saya sampaikan tentang tutorial membuat gambar/foto menjadi sketsa gambar 3D. Bagaimana ? Gampang kan ? hehe. Jangan bosan-bosan ya untuk berkunjung di blog grafisarena, nantikan tutorial fan informasi menarik lainya tentang desain grafis. Tetap berkarya dan berkreasi sobat dan kembangkan imajinasimu sobat. ThankYou.

x

0 komentar:

Post a Comment