ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Buat Efek Foto Splatter dengan Photoshopmu

Buat Efek Foto Splatter dengan Photoshopmu
        Sobat grafisarena, apa kabar semua ? semoga semua pengunjung blog grafisarena selalu kabar baik yaa hehe, karena blog ini bukan berisi tentang curahan hati yang biasanya berisi kisah-kisah galau. Karena di sini adalah tempat di mana untuk belajar dan mengembangkan kreatifitas sobat sekalian.
Oke, kali ini saya selaku admin akan membagikan lagi tutorial photoshop lagi nih, yaitu efek foto dispersion. Menurut KBBI dispersion atau dalam bahasa indonesia dispersi yaitu bisa dikatan penguraian. Nah, dalam hubungan tutorial kali ini adalah kita akan membuat foto dengan efek dispersi, jadi nanti sebagaian objek foto akan terlihat pecah dan pecahan objek foto itu akan seperti terlihat terurai, seperti pada contoh di atas.

         Yap, tidak usah lama-lama lagi sobat. Tutorial kali ini termasuk tutorial yang mudah bahkan bagi sobat sekalian yang baru belajar photoshop pasti bisa dan mudah. Seperti biasa, hal pertama yang dilakukan yaitu siapkan foto/gambar yang mau diedit, kali ini saya akan menggunakan foto di bawah ini.


1.   Langkah pertama yaitu, buka foto/gambar di photoshop dan foto/gambar itu akan menjadi layer utama background setelah itu langsung duplikat layer foto/gambar dengan menekan keyboard Ctrl+j dan kita namai layer hasil duplikat misal "seleksi". Kemudian pada layer utama background tadi kita seleksi dengan menggunakan Polygonal Lasso Tool. Kemudian kita mulai seleksi objek foto yaitu gambar seorang laki-laki.


Tidak usah terlalu rapi, cukup sekitaran pada objek foto/gambar seperti contoh di atas. Karena tujuanya untuk menghilangkan objek dan hanya akan terlihat background saja. Maka setelah terbentuk garis seleksi seperti gambar di atas lalu kita klik kanan pada lembar kerja atau pada foto/gambar yang diseleksi, kemudian pilih Fill lalu Ok.


Nanti hasilnya akan seperti ini.


2.   Langkah kedua, kita kembali ke layer seleksi dan kita buat garis seleksi lagi. Kali ini tujuan membuat garis seleksi adalah untuk memisahkan objek, Buat garis seleksi dengan kurang lebih seperti ini.


Terserah sobat sekalian ingin menggunakan Tool apa untuk membuat garis seleksi, saya di sini menggunakan Quick Selection Tool. Setelah itu tekan Ctrl+J dan akan muncul layer baru hasil seleksi "seleksi 1".

3.   Langkah ketiga, kita duplikat layer seleksi 1 dan akan muncul layer seleksi 1 copy. Masih pada layer seleksi, kita pilih Filter - Liquify atau bisa dengan menekan keyboard Shift + Ctrl + X. Nanti akan muncul ToolBox Liquify seperti ini.

Buat Efek Foto Splatter dengan Photoshopmu

Kemudian pilih Forward Warp Tool yang ada pada pojok kiri atas. Kemudian atur ukuran Tool tersebut dan drag/seret Tool sehingga akan menjadi seperti gambar di atas.

4.      Jika sudah, langkah berikutnya pada layer seleksi 1 dan seleksi 1 copy kita tambahkan layer mask dengan pilih add layer mask yang ada di bagian bawah palet dokumen.
 

layer mask yang ada pada layer seleksi 1 kita invert layer masknya dengan menekan tombol Ctrl+i, nanti layer masknya akan menjadi hitam.

5.      Jika sudah, sekarang kita sekarang pilih Brush Tool, pada tutorial berikut saya menggunakan brush seperti pada gambar berikut.

Buat Efek Foto Splatter dengan Photoshopmu

jika di photoshop sobat tidak ada brush sperti ini, sobat bisa cari plug-in brushnya di google, tersedia banyak varian brush sesuai gambar berikut atau sesuai keinginan sobat sekalian.

6.      langkah berikutnya, pada layer seleksi 1 copy sapukan brush splatter pada sebagian obyek foto sehingga nanti seolah-olah foto terpotong seperti pola brush yang sudah dipilih tadi.


7.      Hampir mirip seperti langkah nomer 6 di atas, namun sekarang posisikan pada layer seleksi 1 dan sapukan Brush Tool yang sudah dipilih tadi ke bagian sisi obyek foto yang sudah di drag menggunankan Forward Warp Tool atau yang di lakukan pada langkah nomer 3 di atas.


Nah kurang lebih hasilnya akan seperti ini sobat, simpel namun menarik bukan ?
Yap, mungkin itu saja sobat tutorial kali ini, tunggu tutorial menarik lainya ya dari Grafisarena.



0 komentar:

Post a Comment