ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Ini Dia, Tips - tips Memanipulasi Foto

     Halo sobat grafisarena, yang masih setia untuk mengikuti info dari grafisarena yuk kita simak artikel berikut ini.
Nah kali ini mimin akan memberikan tips dalam teknik memanipulasi foto atau gambar. Sebelumnya pasti sobat sekalian sudah tidak asing lagi dengan manipulasi foto, tapi apa sih sebenernya manipulasi foto itu ? oke, kalau begitu mari kita simak penjelasan berikut.


Manipulasi Foto adalah teknik editing foto atau gambar secara digital menggunakan perangkat lunak guna memberikan efek ilusi pada foto atau gambar sehingga akan terlihat lebih menarik dan memberikan sentuhan emosional terhadap hasil editing foto atau gambar.

Dalam memanipulasi foto ini hal utama yang diperlukan adalah ide yang ada di otak kita maupun imajinasi kita sendiri. Dua atau lebih foto dapat kita kreasikan menjadi sebuah gambar yang sangat menarik. Namun dalam memanipulasi foto atau gambar ini tidak sembarangan edit sob, banayk hal yang harus diperhatiakan agar nantinya foto atau gambar yang dihasilkan lebih berkualitas. Jadi, apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memanipulasi foto atau gambar, mari kita ulas.

1. Kualitas Foto atau Gambar

     Yap, yang pertama yang perlu diperhatikan adalah kualitas foto atau gambar. Dalam proses editing, kualitas gambar akan sangat berpengaruh. kenapa begitu ? semakin tinggi kualitas gambar maka semakin detail juga bagian objek-objek gambar, sehingga nantinya akan memudahkan kita untuk mengedit. Jika gambar memiliki kualitas yang rendah maka akan sulit bagi kita untuk mengedit, misalnya saat gambar diperbesar gambar tersebut akan terlihat pecah dan kasar. Hal tersebut akan mempersulit seperti pada waktu seleksi objek gambar, merubah detail warna, memposisikan gambar dan masih banyak lagi.

          
( 1800 x 1190 pixels )
( 236 x 295 pixels )

Hal-hal di atas bisa mengakibatkan fail editing atau pengeditan yang gagal, dan gambar yang dihasilkanpun akan menjadi tidak bagus bahkan terlihat aneh. Jadi usahakan dalam pengeditan foto atau gambar usahakan pilih foto atau gambar yang memiliki kualitas tinggi atau yang mempunyai resolusi maupun pixels yang tinggi, syukur-syukur gambar tersebut memiliki kualitas HD.


2. Proses Seleksi

     Dalam memanipulasi foto biasanya kita menggabungkan dua atau lebih foto atau gambar menjadi satu sehingga akan menghasilkan sebuah gambar yang menarik. Dalam menggabungkan gambar pastinya kita memerlukan proses seleksi terhadap bagian objek gambar yang sudah dipilih, kan tidak mungkin untuk menggabungkan gambar secara utuh ! itu sih cuma menempelkan gambar saja. hehehe

Jika kualitas foto sudah bagus maka akan memudahkan kita dalam proses seleksi untuk mendapakan hasil seleksi yang rapi dan halus, sehingga objek gambar yang diseleksi akan terlihat lebih nyata.

Bayangkan saja jika proses seleksi yang kurang rapi dan detail, mungkin gambarnya akan terlihat aneh seperti ini yaa....



3. Pengaturan Cahaya dan Kontras

     Hal yang satu ini juga jangan sampai diabaikan sob, kenapa demikian ? dalam berbagai gambar atau foto pasti memiliki macam pencahayaan yang berbeda juga dari gambar yang yang dihasilkan. Misalakan antara foto di tempat terang dan gelap, foto indoor dan outdoor, foto siang hari dan malam hari. Hal seperti itu juga akan mempengaruhi hasil proses editing, yah...walaupun hal seperti itu nantinya juga bisa diakali dengan fasilitas software/aplikasi yang canggih. Namun akan lebih bagus jika sobat dalam memilih foto dapat memperhatikan hal seperti ini. Pilihlah antara gambar satu dan lainya yang memiliki perbedaan pencahayaan dan kontras tidak terlalu mencolok atau terlalu signifikan. Mungkin jika perbedaanya terlalu mencolok akan menghasilkan gambar seperti ini.


4. Memposisikan Foto atau Gambar

     Memposisikan foto atau gambar artinya bagaimana cara mengatur posisi, bentuk maupun ukuran objek gambar sehingga antara objek gambar satu dengan yang lainya terlihat proposional. Seperti misalnya kita ingin mengganti background ke tempat lain atau menggabungkan foto orang. Kita perlu memperhatikan posisi dimana, seperti apa dan dengan ukuran yang pas agar hasilnya terlihat lebih nyata.

Jangan seperti ini nih wkwkwk




5. Ketrampilan serta Ide

     Dan yang terakhir ini juga sangatlah susah sob, yaitu ketrampilan. Tanpa memiliki ketrampilan niscaya hasilnya akan sangat kurang maksimal. Lalu bagaimana jika tidak mempunyai ketrampilan ? Pada dasarnya setiap orang itu tidak mempunyai ketrampilan, orang yang memiliki ketrampilan itu pada dasarnya di awali dengan belajar dan berlatih serta berusaha. Jadi intinya rajin-rajin untuk belajar dan berlatih sob, pasti ketrampilan itu akan tumbuh pada diri kita sendiri hehehe...

Banyak kasus fail editing yang muncul di dunia maya, yang tujuanya buat nunjukin foto yang keren eh malah jadi bahan tawa orang - orang. hehehe... Tapi banyak juga sob master - master photoshop yang mengahasilkan gambar yang begitu emejing dan unik. Seperti ini nih...







     Gimana sob mungkin bagi yang master editing udah paham betul masalah kayak gini, tapi buat yang pemula seperti saya ini sangat perlu banget nih tips kayak gini, mari kita belajar bersama sob, saling berbagi ilmu. hehehe....


0 komentar:

Post a Comment