ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Macam - macam jenis Vektor dan Vexel Art


     Halo sobat grafisarena sapa serta salam tak akan lupa untuk mimin curahkan kepada sobat pembaca sekalian. Langsung saja kali ini mimin akan memposting artikel yang bertajuk sebuah informasi, informasi apakah itu ? Seperti judul yang ada di postingan ini, mimin mau membagi informasi tentang jenis-jenis vector maupun vexel.
Sebenarnya vector maupun vexel ini memiliki arti yang hampir sama namun jika diulas lebih signifikan lagi keduanya tetap ada perbedaan walaupun cuma sedikit. Eiittss....tapi disini mimin bukan untuk menjelaskan secara detail tentang keduanya tersebut lho sob. Kalau dijelaskan nanti artikel ini akan begitu sangat panjang kayak kereta.hehehe... Namun jika sobat ingin tau, cari artikelnya disitus lain banyak kok yang mengulas tentang hal itu, atau nanti kapan-kapan mimin share deh, tunggu lengkap dulu referensinya.hehe...
     Oke, kita lanjut ke materi... Di dunia seni sekarang ini banyak hasil kreativitas untuk dicurahkan, apalagi didukung dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini dan dengan adanya banyak macam software atau aplikasi pengolah grafis seni bisa di curahkan didalam wadah digital atau biasa disebut seni digital. Seperti artikel yang saya ulas kali ini hasil karya seni digital yang di biasa disebut vector atau vexel terdapat macam jenisnya.

1. WPAP

     Sobat sekalian pasti pasti tidak asing lagi dengan WPAP, itu lho biasanya gambar foto wajah yang di bikin warna warni. WPAP singakatan yang berasal dari Wedha's Pop Art Potrait adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling - silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna - warna khusus ( Wikipedia ). Jadi dengan kata lain WPAP adalah seni merubah komposisi gambar wajah atau objek gambar lain dengan distorsi warna yang mencolok secara bersaling - silang dengan tidak merubah makna gambar itu sendiri.

     Line Art merupakan seni grafis yang terdiri dari garis tegas tanpa menggunakan gradasi warna yang menghasilkan ilustrasi gambar. Basicnya teknik Line Art ini menggunkan garis stroke untuk membuat sebuah objek gambar dua atau tiga dimensi yang membentuk hasil gambar yang bermakna.
Sebelum di temukan fotografi, Line Art merupakan standar dasar media cetak dalam menyampaikan informasi.


3. Anime version


     Teknik ini merubah sebuah foto menjadi mirip dengan tokoh kartun anime atau manga, biasanya tampilanya akan sangat berbeda dengan aslinya. Mungkin jika sebuah gambar manusia hanya lekuk tubuh dan pakaian aja yang mirip, untuk wajah biasanya malah mirip dengan tokoh komik maupun kartun yang ada di televisi, sehingga akan susah dikenali jika itu adalah gambar seseorang yang di edit.

                         


4. Vector Art


     Dalam hal vector art ini gimana ya ? mimin sedikit bingung buat ngejelasinya,hehehe... Tapi menurut mimin ini seperti penyempurna tiga hal yang ada di atas, intinya bikin foto menjadi efek kartun namun sedikit lebih sempurna dan hampir mirip seperti foto atau gambar seperti aslinya.

     Berikutnya adalah Siluet Art, dari namanya aja udah keliatan siluet atau nama lain dari "bayangan hitam", jadi siluet art ini adalah reprentasi dua dimensi dari garis besar objek sebagai guntingan atau menggambar configurational dan diisi dengan warna (biasanya hitam), atau semacam seni berupa sketsa bayangan yang membentuk sebuah objek, biasanya berupa sketsa wajah.


6. Karikatur

     Karikatur adalah gambar atau penggambaran suatu objek konkret dengan cara melebih-lebihkan ciri khas objek tersebut. Kata karikatur berasal dari kata Italia caricare yang berarti memberi muatan atau melebih-lebihkan ( Wikipedia ). mungkin aneh ya kalau karikatur termasuk dalam jenis vector atau vexel, tapi kebanyakan karikatur di buat secara berlebihan dan menjadikan mirip dengan sebuah vector atau vexel.


7. Sketch Art


     Sketch art atau lukisan sketsa ini berupa teknik merubah foto atau gambar menjadi sebuah sketsa. Untuk sketch ini masih bisa diklasifikasikan lebih banyak lagi dan lebih banyak macamnya. Apalagi sekarang banyak aplikasi untuk membuat sketsa secara otomastis.



     Mungkin masih banyak lagi macam dan jenis art vector maupun vexel, sobat bisa ikut menambahkan jika ada ide - ide lain dan akan sangat bermanfaat bagi kita semua. Dan untuk kedepan pasti juga muncul karya - karya baru yang akan menginspirasi para seniman lainya untuk selalu menghasilkan karya yang memiliki nilai keindahan tersendiri.

Terimakasih sudah berkunjung di sini sobat sekalian, silahkan tinggalkan jejak jika mau, kalau gak mau ane juga gak maksa kok. heheheh....

1 comment: Leave Your Comments

  1. terimakasih atas info yang sangat menarik ini dan untuk referensi silahkan kunjungi http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id/

    ReplyDelete