ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Manipulasi Bumi Kecil ( Polar World)

polar world bumi ukuran kecil
     Bertemu lagi sob sama grafisarena.com, seperti pada judul postingan ini, kali ini grafisarena akan memberikan tutorial photoshop tentang bagaimana manipulasi membuat efek bumi kecil atau biasanya disebut dengan polar world. Caranya cukup sederhana sob, yang paling utama untuk membuat efek bumi kecil kita akan menggunakan Filter Polar Coordinates. Namun sebelum ke langkah-langkah itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Nah untuk lebih jelasnya sekarang mari kita lihat tutorial berikut ini.


Seperti yang sudah saya katakan tadi, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan seperti, software buat mengedit yaitu adobe photoshop, Foto/gambar yang akan diedit, yang terakhir dan yang paling penting adalah secangkir kopi dan beberapa lagu dari avenged sevenfold agar menambah semangat dalam belajar. hehehehe...

Oke di sini sudah saya siapkan beberapa gambar, seluruhnya saya ambil di google. Sobat sekalian juga bisa menggunakan hasil foto sobat sendiri.



Keterangan :
 gambar 1 : Sebagai gambar utama untuk di jadikan sebuah bulatan mirip bumi.
 gambar 2 : kita akan mengambil bagian langitnya saja untuk mengganti langit pada gambar utama/gambar 1.
 gambar 3,4,5,6,7 : kita akan ambil gambar bangunannya untuk kita seleksi dan kita manipulasi ke gambar utama/gambar 1.

Step 1

     Oke, untuk langkah pertama kita buka dulu gambar utamanya/gambar 1 ke dalam photoshop. setelah itu langsung kita seleksi pada bagian daratannya, terserah sobat mau menggunakan cara seleksi seperti apa.

kurang lebih akan seperti berikut.


lalu tekan Ctrl + J, maka akan muncul layer baru hasil seleksi yang sudah dilakukan.

Karena bagian daratan pada foto tersebut terlihat seperti sore hari karena mungkin faktor sinar sunset dan langit yang akan kita ganti terlihat biru cerah, maka kita akan atur pencahayaan pada daratan foto di atas menggunakan Curve. Bisa dengan klik Image - Adjustment - Curves, atau bisa juga dengan tekan  Ctrl + M.


Atur kurva sehingga warna sunset yang tadi mendominasi menjadi kebiru-biruan.

Step 2

     Sekarang kita buka gambar no.2 untuk mengganti langit pada gambar utama, tempatkan gambar langit di bawah layer gambar utama. dan atur ukurannya sesuai ukuran gambar utama.


 nah sekarang gambar utama sudah selesai, sekarang kita manipulasi dengan menambah gambar bangunan yang sudah kita persiapkan tadi.

Step 3

     Kita zoom gambar dan kita seleksi beberapa pada bagian daratan yang akan kita taruh bangunan. Di sini saya akan seleksi pada bagian bukit belakang, seperti ini.


Jika sudah membentuk garis seleksi, tekan Ctrl + X kemudian buat layer baru dengan klik create a new layer.


Pada layer baru tekan Ctrl + V maka akan muncul bagian potongan bukit hasil seleksi tadi.


Step 3

     Oke sekarang kita buak gambar bangunan yang akan kita taruh digambar utama. Seperti pada contoh di sini, saya mula menggunakan dari gambar nomor 7, yaitu sebuah gambar dengan gambar bangunan Candi. Kita buka dulu gambar candi ke dalam photoshop. lalu kita seleksi seperti ini.



Step 4

     Setelah itu hasil seleksi gambar candi kita Drag ke dalam lembar dokumen gambar utama tadi. Posisikan layer dengan posisi candi di bawah gambar daratan, dan diatas gambar potongan bukit.





Kemudian Drag dan tempatkan layer potongan bukit yang sudah diseleksi tadi pada tempat asal sebelum di seleksi.


Hasilnya akan terlihat seperti ini sob.


Jika sudah selesai simpan gambar hasil manipulasi dengan format JPG. Setelah itu ulangi langkah-langkah di atas untuk membentuk dua gambar lagi dengan gambar bangunan serta posisi yang berbeda dalam tiap gambar yang di bentuk. Contoh yang sudah saya buat.




Nah Sekarang kita mempunyai 3 gambar dengan gambar utama yang sama dan yang membedakan adalah gambar serta posisi bangunan yang berbeda dalam tiap-tiap gambar.
Bagaimana sob, masih ingin lanjut ? tenang ini baru setengah jalan, sekarang kita lanjut ke langkah untuk membuat bulatan.

Step 5

     Dari tiga gambar di atas yang sudah saya manipulasi terdapat ukuran resolusi gambar yang sama yaitu lebar 1932pixel tinggi 870pixel. Jadi saya akan buat dokumen baru dengan klik File - New, kemudian atur ukuran dokumen dengan ukuran lebar 3x ukuran lebar gambar di atas, dan tinggi tetap sama yaitu 870pixel.





kemudian masukan 3 gambar hasil manipulasi tadi ke dalam dokumen baru.


Step 6

     Kemudian satukan gambar yang sudah dimasukan ke dalam dokumen baru dengan merge layer yaitu tekan Ctrl + E. Lalu kita perhatikan 3 gambar yang sudah di satukan.

pada lingkaran merah diatas menunjukkan adanya sebuah batas gambar. Nah tugas selanjutnya adalah menyamarkan batas horizon gambar sehingga dari ketiga gambar tersebut terlihat seperti menyambung. bisa dengan Smudge Tool atau Clone Stamp Tool.


Sampai di sini masih ada yang kebingungan sob ? Saya yakin sobat grafisarena sudah paham, sekarang kita masuk ke dalam tahap membuat gambar melingkar.


Cara Membuat Gambar Melingkar
  • Langkah 1 - untuk menjaga langkah pengeditan ke depan, kita duplikat gambar yang sudah kita satukan tadi dengan menekan tombol Ctrl + J.
  • Langkah 2 - Selanjutnya balik gambar/cerminkan gambar secara horizontal maupun vertikal, caranya Klik menu Edit - Transform - Flip Horizontal.

  • Langkah 3 - cerminkan gambar secara vertikal klik menu Edit - Transform - Flip Vertical .

  • Langkah 4 - ubah ukuran gambar (image size) agar menjadi sebuah persegi dengan klik menu Image - image size, hapus tanda centang yang ada pada "constrain proportions" lalu atur lebar serta tingginya sama-sama 5000 pixels.




  • Langkah 5 - Sekarang kita akan membuat fotonya melingkar, dengan cara pada tab menu klik Filter - Distort - Polar Coordinates maka akan terlihat tampilan seperti berikut.

  • Sekarang kita lihat hasil gambar yang sudah dibuat melingkar, pada bagian pojok gambar, sebagian langit terlihat tidak simetris  dengan bagian langit lainnya, serta pertemuan ujung gambar terdapat seperti batas garis horizon yang tampak jelas.

  • Jika langit polos berwarna biru kita bisa meratakannya dengan cara menyapukan Smudge Tool maupun Brush Tool dengan warna yang sama pada langit, namun gambar di atas terdapat garis-garis awan tipis, jadi untuk menyamarkan saya menggunakan Clone Stamp Tool begitu juga pada garis horizon yang mempertemukan ujung gambar.


Menambahkan Sinar Cahaya
  • Sekarang kita akan menambahkan sinar cahaya pada gambar, pertama kita pindah dari panel layer ke channel. Pilih layer blue pada panel channel kemudian drag layer blue ke pilihan create a new layer. Sehingga muncul layer blue copy hasil duplikat.

  • gambar pada layer blue copy tersebut berwarna hitam putih, lalu kita balikan warnanya dengan cara klik pada tab menu Image - Adjustment - Invert.

  • Kemudian kita buat warna hitam dan putih itu blok merata, klik tab menu Image - Adjustment - Threshold, atur sesuai gambar berikut agar warna hitam dan putih blok merata.

  • Masih pada layer blue copy, sekarang kita buat efek seperti sinar cahaya dengan klik tab menu Filter - Blur - Radial Blur.


Pada Tool box, beri tanda pada "zoom" dan "good" kemudian nilai amount 85.
  • Lalu kita select all dengan tombol Ctrl + A maka layer akan terseleksi semua, selanjutnya copy dengan tekan Ctrl + C. Jika sudah, pindah dari panel channel ke panel layer. Paste layer blue copy tadi ke panel layer.

  • kemudian atur set blending mode dari normal menjadi color dodge.
polar world bumi ukuran kecil
  • Lanjut, tambahkan layer mask dengan klik add layer mask pada bagian bawah panel. Kemudian gunakan Brush Tool dengan warna hitam dan hardness 0%.


Jika sudah maka hasil akhirnya akan terlihat seperti ini.

mebuat polar world bumi ukuran kecil

Cukup panjang juga ya penjelasannya, sampai capek sendiri bikin tutorialnya. Nah mungkin cukup itu saja sob untuk tutorialnya, bila masih ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar di bawah. Oke nantikan tutorial serta informasi menarik lainnya dari grafisarena, Semoga bermanfaat. ThankYou ;-)


0 komentar:

Post a Comment