ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop membuat efek foto lukisan tinta

     efek foto ink smudge (noda tinta) - membuat foto terlihat seperti bercak tinta yang terlukis. yap...kedengarannya memang sedikit aneh sih, namun namanya seni bisa diciptakan dari apa saja, bisa terbentuk dari mana saja. Seperti yang satu ini, foto efek ink smudge, manipulasi foto di gabung atau terlihat dengan bercak noda tinta sehingga menghasilkan seni artistik yang menarik. seperti pada contoh di atas. Untuk membuat efek seperti itu caranya sangat mudah, dan pada kesempatan kali ini grafisarena akan membagikan kepada kalian semuanya. Tidak terlalu sulit kok untuk membuatnya, berikut mari kita simak tutorial berikut sob.



1.     Pertama kita buka dulu foto atau gambar yang akan kita buat, bisa dengan membuat kanvas baru dulu atau bisa langsung membuka foto dengan photoshop. Pada tutorial di sini saya akan memulai untuk membuat kanvas baru dulu dengan klik File - New. Biasanya saya menggunakan ukuran A4.



selanjutnya drag dan tempelkan foto yang akan diedit yang sudah sobat siapkan. Atur ukuran foto sesuai yang sobat inginkan.



2.     Kemudian langsung sobat klik Filter - Filter Gallery lalu pilih Artistic - Dry Brush. Nah di situ sobat atur brush size, brush detail dan texture. Perhatikan tekstur yang ada pada foto, usahakan sampai foto terlihat seperti berminyak, atau seperti ini.



3. seleksi seluruh layer gambar dan copy layer gambar

  • Select All foto dengan cara tekan tombol Ctrl + A
  • dan copy layer gambar dengan tekan tombol Ctrl + C (ingat copy yaa, bukan duplikat) 

Selanjutnya

  • Buat sebuah group baru dengan mengeklik create a new group
  • Pada group yang baru dibuat tersebut kita tambahkan layer mask dengan mengeklik add vector mask yang ada di bagian bawah palet dokumen.

4.    Perhatikan bagian layer group yang sudah di tambah layer mask. Tahan tombol Alt dan klik pada bagian layer mask thumbnail. Maka gambar akan seperti menghilang atau seperti tinggal background saja.
dan ketika itu juga langsung paste layer yang sudah kita copy tadi dengan tekan tombol Ctrl + V maka pada layer group akan terlihat foto yang tampak hitam putih.

5.     Masih pada bagian layer group atur curves dengan pilih image - adjustment - curves, kemudian atur grafik curves seperti ini atau tampak gambar seperti ini.


     Jika sudah invert gambar (membalikan warna) dengan tekan tombol Ctrl + I, maka warna foto akan terbalik seperti sebuah klise.



6.    klik tepat di icon group layer, maka foto akan terlihat seperti semula. Oke sekarang mari kita lanjut, matikan layer foto atau gambar, yaitu layer gambar yang ada di bawah layer group tadi. Maka akan terlihat background putih saja.

7.     Siapkan gambar berupa splash brush (brush bermotif cipratan tinta), hanya gambar brush berekstensi JPG yaa bukan varian brush, bisa cari di mbah google atau link yang sudah saya sediakan dibawah. Sebagai contoh saya menggunakan brush seperti ini.



Bisa download gambar brush di sini

     Buka atau drag gambar brush tersebut ke dalam photoshop, kemudian tempatkan di dalam group yang sudah dibuat tadi, hasilnya akan seperti berikut.







Atur ukuran dan posisinya dan juga transformasinya sesuai yang sobat inginkan, usahakan bagian tepi objek foto tidak terlalu kelihatan garis tegas yang menggambarkan objek. jika sudah selesai semuanya atur set blending mode layer dari normal menjadi multiply.



Dan hasilnya kurang lebih seperti ini.

8     Masih ada lagi sob, selanjutnya duplikat layer foto atau gambar aslinya yang ada di bawah group, dan pindahkan layer hasil duplikat tepat di atas layer group, kemudian tambahkan layer mask, kali ini dengan cara tahan tombol Alt lalu sambil klik add vector mask.



Tujuannya agar warna mask yang di hasilkan langsung berwarna hitam.

9.     Sekarang kita menggunakan Brush Tool, gunakan motif pada Brush Tool yang serupa dengan motif Brush gambar (motif splash). Pastikan warna pada Foreground berwarna putih. Kemudian sapukan atau klik pada bagian foto dengan brush tool.



gunakan brush tool pada sebagian objek foto aja, tidak usah semunya. Kemudian atur set blending mode layer dari normal menjadi multiply.



10.     Terakhir sobat bisa atur pencahayaan seperti levels, curves, exposure, dan lain sebagainya. Kurang lebih hasilnya akan tampak seperti berikut.


Bagaimana sobat grafisarena, mudah dan simple bukan ? semakin motif dan tekstur brush splash nya kelihatan maka akan semakin bagus hasilnya. Mungkin sekian dulu tutorial dari grafisarena sob, jika ada tambahan dari sobat sekalian silahkan, dan juga kritik dan saran sobat adalah masukan bagi kami. Nantikan tutorial serta info menarik lainnya di grafisarena. ThankYou ;-)


0 komentar:

Post a Comment