ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Teknik Line Art dengan Photoshop


     Hai sobat grafisarena semua, apa kabar kalian semua hari ini ? semoga selalu dalam keadaan baik yaa,hehehe...masih dalam postingan mimin nih, kali ini mimin akan membagikan sebuah tutorial membuat efek foto line art. Sobat sekalian pasti sudah banyak yang tau dong apa itu line art, setelah sebelumnya mimin post tentang ( macam jenis vector atau vexel art ) yang salah satunya ada line art di dalamnya.
Sobat yang belum tau apa itu line art, Line Art merupakan seni grafis yang terdiri dari garis tegas tanpa menggunakan gradasi warna yang menghasilkan ilustrasi gambar. Basicnya teknik Line Art ini menggunkan garis stroke untuk membuat sebuah objek gambar dua atau tiga dimensi yang membentuk hasil gambar yang bermakna.

Oke, kita tidak usah berlama-lama lagi karena yang kita perlukan kan tutorialnya bukan penjelasnya. Sobat sekalian siapkan foto yang akan di edit, untuk contohnya mimin akan menggunakan foto sebagai berikut.


Sebelum memilih foto, alangkah baiknya jika kita memilih foto yang memiliki resolusi tinggi sob, lebih bagus lagi jika foto tersebut memiliki kualitas HD. Kenapa demikian ? karena waktu kita mengedit sebuah foto kita memerlukan detail foto itu sendiri, jadi kita perlu memperbesar foto itu, jika foto memiliki kualitas yang bagus maka pada saat di zoom foto tidak akan pecah dan memiliki detail yang halus. Di sini kita akan menggunakan Pen Tool sebagai alat utama untuk membentuk garis objek. Dan sekarang mari kita simak tutorial berikut.

Step 1

     Seperti biasa, kita buka foto yang akan kita edit ke photoshop. Sebagai contoh mimin menggunakan foto yang sudah terpampang di atas. Setelah itu mari kita perhatikan sejenak foto yang sudah di photoshop berikut. Perhatikan dan amati, yaa kira-kira 10-15 menitan lah. Giman sob ? apa yang terjadi ? setelah mimin perhatikan ternyata fotonya cuuuanntik banget sob....ckakaka....


Becanda sob,heheh...oke, perhatikan lingkaran merah !!! (lagi ngehits di instagram), di situ terdapat gestur tubuh, struktur muka, gerai rambut, dan lipatan baju. Nah itulah yang nantinya kita buat pola garis menggunakan Pen Tool. Beda foto maka beda pula bentuk pola yang kita perhatikan, jadi keluarkan imajinasi dan kreativitas kalian sob.

Step 2

      langkah berikutnya kita duplikat dulu layer background dengan menekan tombol Ctrl + J. Kita bisa memberi nama layer hasil duplikat dengan nama michelle. Kemudian buat layer baru dengan mengeklik (create a new layer) pada bagian palet, tempatkan layer baru di bawah layer michelle lalu beri warna dengan Paint Bucket Tool dengan warna putih dan bisa kita namai layer dengan nama background. Tujuan layer baru itu untuk membuat kita mereview hasil editan dalam setiap step yang berjalan agar dapat menentukan pas atau tidaknya pola garis yang sudah kita buat.


Step 3

     Berikutnya kita tempatkan pada layer michelle lalu kita mulai untuk membuat pola garis menggunakan Pen Tool. Mimin akan mulai untuk membuat pola garis dari bagian rambut dulu. Mulai dengan Pen Tool ikuti setiap lekukan pada tepian rambut serta gerai rambut seperti pada gambar berikut.



Tips : untuk memudahkan membuat garis, gunakan tombol shortcut Pen Tool agar praktis dalam membentuk setiap lekukan pada garis.

oh iya sob, jika sobat perhatikan dalam gambar ini terdapat bagian bayangan yg tertutup oleh rambut. Jadi kita ikuti lekukan pada bayangan tersebut, sisanya kita rapikan nanti pada saat merapikan arus rambut.


Step 4

     Jika sudah selesai pada bagian rambut, selanjutnya kita buat pola arus rambut sob. Sejenak mari kita perhatikan fotonya lagi sob, siapa tau tambah cantik lagi. hehehe

Tutorial Teknik Line Art dengan Photoshop

masih pada bagian rambut, kita perhatikan arus atau gerai rambutnya sob. Tipe rambut lurus, namum arah masih nampak tak beraturan, yaa karena memang style rambutnya kayak gitu yang bikin nampak waaoowww !!!. Kita buat pola garis dan sesuaikan dengan arus atau gerai rambut itu mengarah seperti yang sudah mimin tunjukan pada gambar di atas.

Kurang lebih pola garis yang di hasilkan akan seperti ini sob. 


gimana ? sampai di sini sudah paham sob ? pastinya sudah dong. jika sudah selesai kita buat layer group dengan mengeklik create a new group, dan kita namai layer group dengan nama rambut. Drag dan masukan layer shape 1 dan 2 ke dalam layer group rambut. Jangan lupa beri warna shape (pola garis yang sudah dibuat) tadi dengan mengeklik set shape fill type yang ada di menu option bar.

( beri warna hitam di layer shape 1 dan warna putih layer di shape 2 )

Coba sekarang sobat matikan indicates layer visibility pada layer michelle, dan coba lihat apakah sudah pas hasil pembuatan pola garisnya. Dan kurang lebih seperti ini.

Tutorial Teknik Line Art dengan Photoshop


Step 5

     Kita lanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu sekarang kita melanjutkan membuat pola garis yang ada di bagian wajah sob. untuk bagian wajah ini bisa dibilang gampang-gampang susah,karna bagian wajah ini yang nantinya akan menentukan kemiripan hasil editnya dari wajah aslinya. Tapi tenang sob, asal kita sering berlatih pasti bisa, di sini mimin juga lagi sama-sama belajar.
Oke sekarang kita mulai membuat pola garis pada wajah, langkahnya sama seperti step by step di atas (membuat pola garis bagian rambut). Tinggal kita mengikuti pola bagian struktur yang ada di bagian wajah. Misalkan kita mulai dari bagian alis mata, bentuk mata, bulu mata, hidung, dan pola-pola seterusnya.

                       


Yaa kira-kira seperti itu sob, di sini memang di butuhkan kreativitas yang tinggi dalam mengamati sebuah foto, bagi sobat yang sudah lumayan paham tentang photoshop atau software grafis lainya pasti udah sangat paham. Bagi kalian yang benar-benar baru belajar, mimin sarankan untuk memulai dengan objek yang mudah seperti buah, perabotan rumah dan sebagainya.

Untuk bagian struktur wajah kurang lebihnya seperti ini sob jika di preview.



untuk bagian bola mata biasanya mimin pake layer sendiri dan gak jadi satu dengan layer struktur wajah, tapi di jadiin satu juga gak masalah sih, tapi terserah sobat sekalian deh.

step 6

     Lanjut lagi, nah..sekarang untuk bagian mata nih, gampang aja sob cukup buat garis mengikuti bola mata yang berwarna hitam. selanjutnya tambahkah pola garis mengikuti titik kecil yang ada di mata bewarna putih (pantulan cahaya yang ada di bola mata). tapi ingat sob gunakan Exclude Overlapping Shapes dalam satu layer mata untuk melubangi dan membentuk titik putih pada bagian bola mata.




Dan kita namai layer bagian bola mata dengan mata. Kemudian layer wajah dan mata kita jadikan satu dalam group, kita namai group dengan wajah.


Step 7

     Kita lanjut ke langkah berikutnya jika sudah paham, sekarang kita lanjut ke bagian badan dan juga baju. Seperti biasa selalu amati bagian foto setiap kita akan memulai untuk membuat garis. untuk badan tinggal kita ikuti lekuk badan seperti ini sob.


Kita bisa namai layer shape untuk badan dengan nama badan. Dan kemudian untuk bagian baju, kita ikuti lipatan-lipatan baju serta jahitan baju (jika terlihat). Kurang lebihnya seperti ini.



Untuk layer shape bentuk baju bisa kita namai dengan nama baju dan bagian layer lipatan baju kita beri nama lipatan. Selanjutnya layer badan,baju dan lipatan jadikan satu dalam satu group, kita beri nama group dengan badan baju. 

Taruh layer group badan baju di bawah layer group wajah. Kemudian kita preview hasilnya.


     Terakhir tinggal kita kasih tambahan seperti background yang juga menggunakan teknik line art, atau bisa tambahkan juga seperti tulisan dan sebagainya.


     bagaimana sob mudah kan ? atau susah ? gampang-gampang susah ? susah-susah gampang ? hehehe.... Yah walaupun hasilnya kurang maksimal dan tidak terlalu mirip dengan aslinya ya gak apa-apalah, namanya juga belajar. Jujur aja mimin sering gagal fokus edit foto ini, karena saking cantiknya, di pandang terus jadi nyessssss.......Hahahaha..... Yang penting sering-sering berlatih aja sob, nanti juga akan mahir jika rajin berlatih. Mungkin sekian dulu untuk tutorial kali ini. Kita tunggu info-info menarik yang akan datang sob. Jangan lupa tinggalkan jejak sob :-).

0 komentar:

Post a Comment