ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Membuat Efek Poster Sport


     Halo sobat grafisarena, kita ketemu lagi nih…. Semoga sobat grafisarena sekalian tidak bosan-bosannya untuk berkunjung di sini untuk kita belajar bareng mengenai tutorial dan informasi grafis lainnya. Oke untuk menambah wawasan dan kreatifitas kali ini, saya akan memberikan tutorial tentang mengedit sebuah foto sports editing atau menjadikan sebuah foto yang lebih sporty hehehe, bingung yaa ? maksudnya, jika sobat sering melihat foto atlet olahraga biasanya tekstur gambarnya lebih tajam, seperti contoh di atas, yaa kira-kira seperti itu. Bagaimana sobat, masih bingung ? oke dari pada lama-lama penjelasannya, langsung saja mari kita simak tutorial berikut.


Langkah 1

     Langkah pertama yaitu mempersiapkan gambar/foto yang akan kita edit. Di sini saya menggunakan foto dari bintang Barcelona yaitu Lionel Messi, pasti sobat sudah pada tau kan ? gambar kedua saya menggunakan gambar kotak-kotak untuk menghias background, seperti ini nih.
       


Langkah 2

     Berikutnya kita masukan foto/gambar lionel messi ke dalam photoshop dan langsung kita duplikat gambarnya dengan menekan tombol Ctrl+J.

Ooh iya, sebelum kita ke langkah selanjutnya, kita akan menggunakan sebuah plug-in tambahan untuk photoshop. Sobat sekalian pasti udah tau dong apa itu plug in ? menurut saya plug-in bisa dikatakan sebuah fitur tambahan sebuah software. Nah dalam plug-in photoshop yang saya maksud di sini adalah plug-in Topaz Adjust, jika photoshop sekalian belum punya Topaz Adjust alangkah bagusnya jika sobat menginstalnya terlebih dahulu. Sobat sekalian bisa cari dan download di google, banyak kok situs yang menyediakan fitur tersebut, atau nanti kapan-kapan saya akan share deh hehehe.

Langkah 3

     Oke, jika sobat sudah menginstal plug-in Topaz Adjust seperti yang saya jelaskan di atas, pada layer hasil duplikat tadi kita pilih Filter - Topaz Labs - Topaz Adjust. Nanti akan muncul ToolBox seperti di bawah ini.


Nah dari ToolBox itu sobat bisa pilih Adjust 4 Presets List lalu pilih di bawahnya Psychedelic dan atur tingkat ketajaman tekstur seperti contoh di atas.

Langkah 4

     Masih pada layer hasil duplikat atau layer 1, kita buka lagi Topaz nya yaitu pilih Filter – Topaz Labs – Topaz Clean, nanti akan muncul ToolBox lagi seperti ini.


Nah sobat bisa atur seperti pada contoh gambar di atas.

Langkah 5

     Langkah selanjutnya yaitu seleksi objek foto, di sini kita seleksi gambar lionel messinya dan bola yang lagi di tendang. Cara seleksi di artikel tutorial sebelumnya sudah pernah saya jelaskan atau langsung baca di sini.



Nah hasil seleksi nanti akan muncul layer baru yaitu layer 2. Setelah itu kita kembali lagi pada layer 1 lagi dan kita ubah warna pada layer 1 menjadi “Black & White” dengan cara klik ­Image – Adjustment – Black & White atau bisa juga dengan menekan tombol Alt+Shift+Ctrl+B.


Gabungkan layer Black & White dengan layer 1 dengan menggunakan merge layers dan akan menjadi layer Black & White 1.

Langkah 6

     Selanjutnya kita masukan gambar kotak-kotak yang sudah saya persiapkan di atas tadi ke dalam photoshop. Tempatkan gambar kotak-kotak di atas layer Black & White 1 atau di bawah gambar hasil seleksi objek.



Langkah 7

     Lalu kita ubah warna gambar kotak-kotak tersebut menjadi hitam putih. Langkahnya hampir sama seperti pada langkah 5 di atas, dan setelah di gabungkan akan menjadi layer Black & White 2.


Eeh iya, pada layer gambar hasil seleksi tadi sobat bisa menambahkan efek drop shadow untuk mempercantik tepian hasil seleksi tadi, seperti contoh gambar di atas.

Langkah 8

     Pada layer Black & White 2 atau gambar kota-kotak yang berwarna hitam putih, kita ubah set blending mode nya dari “normal” menjadi “softlight”.


Langkah 9

     Sekarang kita buat layer baru dan tempatkan di atas layer Black & White 2 dengan cara pilih create a new layer yang berada di pojok kanan bawah palet dokumen. Maka akan muncul layer baru “layer 2”. Setelah itu kita blok layer baru tersebut dengan menggunakan Gradient Tool kemudian pilih yang mode Reflected Gradient.

Untuk pemilihan warna terserah sobat, namun saran saya pilih warna yang dominan dengan warna yang ada di objek gambar. Misalnya pada gambar ini saya memilih warna biru kombinasi merah sesuai baju yang dikenakan objek. Setelah itu kita mulai fill dari titik tengah gambar/foto lalu kita drag kursor ke arah bagian bawah gambar, nanti hasilnya akan seperti berikut.


Jika sudah seperti ini, kita atur set blending modenya dari “normal” menjadi “softlight”.

Langkah 10

     Langkah terakhir kita kembali ke layer Black & White 1 atau background gambar ini. Kita pilih Filter – Blur – Motion Blur. Lalu sobat bisa atur sesuai keinginan sobat atau bisa seperti pada gambar berikut.


Selesai deh, bagaimana ? mudah dan simple kan ? dan nanti hasil akhirnya akan terlihat seperti ini.



Apakah yang sobat praktekan hasilnya sudah sama ? atau malah lebih keren ? ohh iya sobat juga bisa menambahkan teks atau tulisan-tulisan agar gambar/fotonya terlihat lebih menarik. Hehe

Nah mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada tutorial kali ini, walaupun simple dan mudah tetapi hasilnya lumayan keren kan ? jangan berhenti berkarya sobat sekalian, kembangkan imajinasimu ke dalam hal yang bermanfaat yaa, sekian dulu dari saya, nantikan tutorial dan informasi menarik lainnya dari grafisarena. ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment