ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Vektor Art Foto Kartun

membuat vektor kartun di photoshop

     Vektor kartun akhir ini menjadi hal yang populer dikalangan foto editing, tak hanya vektor kartun, banyak jenis vektor yang telah dimodifikasi sehingga menjadi sebuah karya yang imajinatif. Setelah kemarin saya sempat memposting artikel tentang macam-macam jenis vektor dan vexel art pada kesempatan berikutnya seperti sekarang ini saya akan membagikan beberapa tutorial tentang vektor maupun vexel.
Namun pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang tutorial membuat vektor kartun. Sobat sekalian pasti pernah dan sering melihat tentang foto yang mempunyai tekstur seperti lukisan atau seperti kartun. Dan kali ini kita akan mengulas bagaimana membuatnya. Caranya gampang kok, asal selalu mengikuti step by step nya pasti bisa, mari kita mulai !!!!


Step 1

     Kita buka dulu foto yang mau di ubah menjadi kartun dengan photoshop yaitu Klik file - Open - pilih gambar yang mau di buat. sebagai contoh di sini saya akan buat dengan foto artis luar negeri "emma stone". Selatjutnya tekan Ctrl + J untuk menduplikat background dan nanti di atas background muncul gambar yang sama bernama layer 1,lalu kita ubah nama layer 1 menjadi "emma 1" atau bisa terserah sobat. Caranya Double klik  pada nama layer 1 lalu tinggal di ubah.




Step 2

     Berikutnya kita akan memulai membuat garis gambar dengan Pen Tool sesuai lekukan garis pada gambar. Kita mulai dari bentuk wajah dengan cara menghubungkan sudut-sudut kecil di wajah


sampai 2 atau 3 titik maka akan muncul layer shape yang bernama shape 1 kita ubah dulu opacity nya dari 100% menjadi 0%  untuk memudahkan kita menghubungkan titik Pen Tool atau bisa juga hilangkan warna pada bagian Fill Pen Tool. Lanjut lagi menghubungkan titik dari sudut kecil wajah sampai nanti antara titik pertama tadi dengan titik terakhir nanti hasilnya seperti ini.


setelah itu pilih Add Anchor Point Tool untuk membentuk lengkungan garis guna menyesuaikan dengan garis wajah



Di sini membutuhkan keahlian dan ketelitian sobat untuk menyesuaikan dengan lengkungan gambar. Bagi yang sudah mahir menggunakan Pen Tool bisa juga dari sejak awal membuat garis langsung memainkan kurva untuk membentuk lekukan wajah.

Step 3

     Setelah selesai, lalu kita ubah nama layer shape 1 menjadi wajah. Selanjutnya klik pada layer "emma 1" kemudian Klik image - Adjustments - Posterize lalu kita seting levels 4 guna untuk mengklasifikasikan bagian wajah yang terang dan juga yang gelap.



Di sini klasifikasikan menjadi 6 bagian ( lihat gambar ). Angka 0 warna dasar yang ada di layer "wajah". dan itu tingkat dari warna cerah angka 1 sampai warna gelap angka 5.

Step 4

     Kita mulai dari warna yang paling cerah yaitu angka 1. Caranya sama dengan membuat garis wajah tadi pilih Pen Tool, lalu hubungkan titik seperti membuat garis wajah tadi. Sekalian kita ubah Opacity menjadi 0% dan ubah nama layer "shape 1" menjadi "wajah 1"  dan buat garis sesuai area warna 1.


Dan karena area warna 1 tidak hanya satu tempat maka untuk memulai lagi kita pilih Pen Tool kemudian pilih Combine Shapes


Tujuannya adalah dalam membuat garis area warna yang sama tidak memunculkan layer yang baru. Jadi nanti dalam satu layer terdapat satu garis area warna yang sudah kita klasifikasikan dan kita buat. Nanti hasilnya akan jadi seperti ini :


Step 5

     Berikutnya membuat garis area warna 2,untuk memulainya pilih Pen Tool kemudian pilih new layer 
 . Jadi bedakan antara membuat garis area warna yang sama dan area warna yang baru. Jika sudah paham lanjutkan untuk membuat garis area warna 2 dan 3 sampai 5. Nanti hasilnya akan seperti ini :

Step 6

     Oke, jika sudah kita masuk ke dalam pewarnaan, pertama double klik di layer wajah tepatnya di kotak layer thumbnail  lalu akan muncul palet warna, di situ terserah sobat dan kreasi sobat sendiri untuk memberi warna, yang jelas beri warna sesuai gambar aslinya dari yang terang sampai yang gelap. Untuk gambar contoh ini saya menggunakan kode warna #d7b0a5 untuk layer wajah,#c8a093 untuk wajah 1,#bc9386 untuk wajah 2,#b2887untuk wajah 3,#a57b6f untuk wajah 4,#996f62 untuk wajah 5. Dan nanti setelah opacity nya dirubah menjadi 100% semua, hasilnya akan seperti ini.


Jika sudah selesai, jadikan satu layer wajah sampai layer wajah 5 dalam group, dangan cara klik create a new group yang ada di bagian bawah palet dokumen. Bisa kita beri nama group dengan nama wajah.


Step 7

     Oke untuk kulit wajah sudah jadi kan ? mari kita lanjut membuat pola garis untuk membentuk mata hidung mulut dan yang lainnya.
Saya mulai untuk membuat bagian komponen wajah yang mempunyai warna yang tidak terlalu tegas, seperti bagian bulu mata yang tipis, garis pipi, atau lesung pipi (jika ada).


untuk menentukan bagian garis yang akan dibuat pada step ini saya lebih memilih untuk menggunakan gambar aslinya dan bukan yang sudah kita posterize tadi, karena lebih jelas. Dan setelah kita buat pola garisnya dengan Pen Tool kurang lebih seperti ini.

membuat vektor kartun di photoshop
Keterangan warna : #222222

Step 8

     Kita lanjut untuk mempertegas area alis serta matanya.

Keterangan warna : #161415

Step 9

     Selanjutnya kita pindah ke bagian bibir, untuk bagian bibir ini kita menggunakan foto yang di posterize tadi, karena kita membutuhkan untuk membedakan bagian yang terang maupun bagian gelap. Cara membuat pola garis Pen Tool sama dengan cara-cara di atas, dimulai dari bagian yang terang ke bagian gelap.

Keterangan warna :
layer bibir   : #99443d
layer bibir 1: #812e27
layer bibir 2: #772821

     Selesai di bagian bibir, lanjut bagian mulut dan giginya,

Keterangan warna
layer mulut  : #6b2c23
layer gigi     : #dedddd
layer rongga: #161415

jangan lupa sob tambahan ada celah rongga mulut yang berwarna hitam juga di bikin garis pen tool nya yaa, dan jika kita preview semuanya hasilnya seperti ini.


Step 10

     Mungkin sampai di sini sobat sekalian sudah pada terbiasa ya sob untuk menggunakan Pen Tool serta membiasakan untuk menentukan mana pola garis yang akan di buat, langkah berikutnya sama halnya langkah-langkah seperti di atas, selanjutnya untuk bagian mata kurang lebih seperti ini.

keterangan warna
bola mata : #706361
samping bola mata : #2f1d1a
kornea : #131313
lensa mata : #242524
pantulan cahaya : #b2b2b2

Dari atas sampai bawah kurang lebih seperti itu susunan layer yang dibuat sob, dan jika kita preview hasilnya seperti ini :


Step 11

Sama halnya langkah di atas, selanjutnya untuk bagian rambut juga seperti itu, tentukan area terang dan gelapnya dan buat garis Pen Tool nya, untuk tambahan karena bagian rambut ini memiliki pola garis atau alur rambut yang tergerai, ikuti pola garis rambut yang mengarah ya sob, contohnya seperti ini :





Keterangan warna
Layer rambut 1: #8e795d
Layer rambut 2: #a38e72
Layer rambut 3: #736047
Layer rambut 4: #4b3b26

Bagaimana sob mudah bukan, kita preview lagi, kurang lebih jadi seperti ini sob :


Step 12

     Berikutnya kita tambahkan anting berlian yang ada di telingan, buat beberapa garis shape kemudian beri warna layaknya warna berlian, seperti ini sob.

Keterangan warna dari atas ke bawah
#8e8585
#ffffff
#cfc1c1
#eddcdc
#968484
#b6adad

Step 13

     Terakhir adalah langkah untuk membuat pola di bagian baju, tetap masih sama caranya sob, saya yakin sobat sekalian sudah terbiasa dengan langkah-langkahnya, jadi saya tinggal kasih contoh gambarnya saja kan ?

Warna : #e8ebfe

Warna : #bbbece

Warna : #740717

Warna : #250808

Warna : #9c113b

Oke sobat sekalian, langkah demi langkah sudah kita lewati, memang begitu rumit sih, tapi saya sudah mencoba untuk menjelaskannya secara detail, dan jika sobat mengikuti cara di atas dari step 1 sampai selesai dengan teliti, pasti tidak ada masalah dalam pembuatan vektor kartun ini. setelah selesai tinggal di tambah pelengkap aja sob, entah itu background, tulisan atau jenis artistik lainnya, yaa kurang lebih hasil akhirnya seperti inilah :
membuat vektor kartun di photoshop


Gimana sob hasilnya apakah sama seperti itu ? saya yakin sobat sekalian pasti bisa, bahkan banyak yang bisa membuatnya lebih keren dan bagus. Karena saya di sini sifatnya juga baru lagi belajar jadi mohon maaf jika hasil pada contoh kurang begitu memuaskan sob. Yaa..mungkin itu saja yang bisa saya bagikan untuk tutorial kali ini sob, tetap tunggu tutorial dan info menarik lainnya di Grafisarena ya sob, jangan lupa tinggalkan jejak atau komentar kalian. Thankyou ;-).







0 komentar:

Post a Comment