ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Membuat Efek Foto Low Key

tutorial cara membuat foto low key dengan photoshop

Sebenarnya foto low key ini adalah sebuah teknik dari fotografi, foto low key menjurus pada gaya pencahayaan rendah/sedikit cahaya yang ada di tempat gelap. Seperti pada contoh di atas, foto low key menampilkan sebuah objek yang berada di ruang gelap dan objek terlihat sebagian dengan sedikitnya cahaya yang masuk.



Apakah foto biasa bisa di buat menjadi low key ? Dari pertanyaan itulah kali ini grafisarena akan membagikan tutorial edit foto low key, kita akan mencoba membuat foto low key dari hasil editing. Sudah banyak sekali designer yang sudah mengulas editing foto low key ini dengan teknik yang berbeda-beda.

Tutorial kali ini saya menggunakan teknik dengan menambahkan inner shadow untuk membuat sebagian objek menjadi lebih gelap. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita simak tutorial berikut.


untuk yang tidak ingin menonton video di atas, sobat sekalian bisa membaca ulasan berikut

Yang pertama siapkan foto yang ingin sobat edit menjadi low key, di sini saya menggunakan foto seorang laki-laki seperti contoh di bawah ini.



Dari foto di atas, perlu kita perhatikan arah cahaya yang mengenai objek seorang pria tersebut. Di situ terlihat arah cahaya datang dari arah kanan objek, sehingga bagian kiri objek terlihat lebih gelap. Dan nantinya bagian gelap objek tersebut yang akan kita buat lebih gelap lagi.


Step 1

     Buka foto yang sudah di pilih ke dalam software photoshop. Langsung kita duplikat gambar dengan menekan tombol Ctrl + J. Kemudian kita seleksi bagian objek seorang pria dengan teknik seleksi yang sudah sobat pelajari.



Tekan Ctrl + J jika sudah terbentuk garis seleksi dari proses seleksi gambar untuk menduplikat gambar hanya bagian yang terseleksi.




Step 2

Sekarang tambahkan layer baru dengan memilih create a new layer.



Sekarang layer baru yang sudah di buat kita pindahkan di bawah layer gambar hasil seleksi objek atau layer 1. Kemudian pilih Paint Bucket Tool, atur warna pada foreground menjadi warna hitam, lalu block warna pada layer baru (layer 2) dengan paint bucket tool warna hitam.




Step 3

     Pada layer gambar objek, kita pilih add a layer style yang ada di bagian bawah panel layer, kemudian pilih Blending Options.
Akan muncul toolbox layer style kemudian atur bagian pada Inner Shadow, dan untuk gambar ini atur nilai parameternya seperti berikut.



Jika sudah klik Ok.


Step 4

     Sekarang kita buat lagi layer baru di atas layer gambar objek, kemudian kita satukan dengan merge layers layer gambar objek dengan layer baru yang sudah di buat. Caranya tahan tombol Ctrl dan klik layer gambar objek dan layer baru, Klik kanan > Merge Layers.




Step 5

     Ulangi langkah nomor 3 untuk membuat inner shadow pada layer gambar objek yang sudah kita satukan, klik add a layer style > Blending Options > Inner Shadow, kali ini atur nilai parameter inner shadow seperti ini.



Kemudian buat layer baru lagi dan satukan dengan layer gambar objek seperti pada langkah nomor 4.


Step 6

     Masih sama dengan langkah-langkah di atas, pada layer gambar yang sudah di satukan, kita atur inner shadow lagi seperti ini.

tutorial cara membuat foto low key dengan photoshop

Pindahkan layer objek gambar ke sebelah kiri menggunakan Move Tool.


Step 7

     Sekarang kita akan mengatur tingkat levels gambar, dengan cara pilih Create new fill or adjustment layer > Levels. Kemudian akan muncul toolbox levels dan atur nilai parameternya seperti ini.



Lakukan langkah tersebut untuk mengatur brightness/Contrast dan Hue/Saturation dengan cara pilih Create new fill or adjustment layer >  brightness/Contrast dan Hue/Saturation.
Atur nilai parameter brightness/contrast seperti ini.



Untuk Hue/Saturation seperti ini.




Step 8

     Sekarang kita buat layer layer baru untuk membuat efek backlight dan kita tempatkan layer baru di bawah layer gambar objek.



Sekarang kita akan membuat efek backlight pada layer baru, dengan cara pilih Gradient Tool lalu atur warna foreground menjadi putih agak kekuningan dan atur gradient picker mode warna(putih kekuningan) ke transparan.



Kemudian drag Gradient Tool secara menyilang dari bawah kiri ke atas kanan seperti ini.



akan muncul warna gradient di belakang objek gambar. Kemudian kita hapus warna gradient sebelah kiri dengan Eraser Tool.




Step 9

     Sekarang kita satukan layer objek gambar, layer adjustment level, brightness/contrast dan hue/saturation dengan merge layer.

tutorial cara membuat foto low key dengan photoshop

Lalu kita ubah opacity layer cahaya backlight menjadi 14%.




Step 10

     Sekarang kita tambahkan beberapa pengaturan pencahayaan seperti curves, brightness/contrast, dan hue/saturation. Dengan cara pada layer gambar objek pilih image > adjustment > Curves, brightness/contrast, hue/saturation secara berturut-turut.




Step 11

     Tambahkan sedikit beberapa tulisan untuk menghias gambar dan hasilnya kurang lebih seperti ini.



Bisa juga untuk membuat gambar menjadi hitam putih dengan hasil seperti ini.

tutorial cara membuat foto low key dengan photoshop


Selesai sob, Bagaimana ? mudah bukan ? Saya rasa sobat sekalian pasti bisa membuat hasil yang lebih bagus lagi. mungkin cukup itu saja untuk tutorial foto efek low key kali ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian, untuk kritik dan saran serta komentar silahkan tambahkan di kolom komentar bawah ini. ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment