ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Membuat Foto Double Exposure

Cara membuat foto dengan efek double exposure di photoshop

     Hai sobat grafisarena, pembahasan kali ini adalah bagaimana membuat foto double exposure. Dalam dunia editing double exposure adalah teknik memanipulasi foto menggabungkan 2 atau lebih foto/gambar secara overlay menjadi satu komposisi gambar yang memiliki 2 atau lebih penampakan yang berbeda.



Jika masih bingung, contoh gambar di atas adalah hasil dari editing foto double exposure menggunakan software photoshop. Dan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuatnya. Tidak usah lama-lama lagi, sekarang mari kita simak tutorialnya di bawah ini.


jika tidak ingin melihat videonya, sobat bisa mengikuti dengan cara membaca step by step di bawah ini.



Pertama-tama, sobat siapkan foto/gambar yang akan di edit, siapkan foto dengan objek manusia, hewan atau sebuah benda sebagai objek dasar gambar exposure. Kemudian sebuah gambar bisa berupa bangunan, pohon, atau pemandangan sebagai gambar untuk menggabungkan. Di sini saya akan menggunakan dua foto berikut ini.




Step 1

     Buka foto menggunakan software photoshop kalian sob, kemudian seleksi foto dengan teknik yang sekiranya sobat anggap bagus. Kemudian duplikat gambar dengan tekan tombol Ctrl + J untuk memisahkan objek yang di seleksi.




Step 2

     Kemudian buat lembar kerja baru sebagai tempat untuk membuat/menggabungkan foto, pilih pada tab menu File - New, akan muncul toolbox untuk mengatur ukuran lembar kanvas, contoh seperti ini.



Drag hasil seleksi objek foto tadi ke dalam lembar kanvas yang baru saja di buat, atur ukuran objek dan sesuaikan dengan ukuran lembar kanvas.



Atur pencahayaan objek gambar dengan pilih pada tab menu Image > Adjustment > Levels kemudian atur nilai parameter untuk membuat foto menjadi terang dan jelas.




Step 3

     Sekarang kita masukan gambar yang sudah disiapkan tadi untuk kita gabungkan dengan objek foto yang sudah kita seleksi. Drag gambar dari file explore masukan ke dalam photoshop, taruh di atas layer gambar objek.



Ubah opacitynya untuk memudahkan mengatur posisi gambar pemandangan hutan agar bisa menyesuaikan dengan gambar objek foto. Jika sudah ubah lagi opacitinya menjadi 100%


Step 4

     Kemudian kita akan membuat warna langit di gambar pemandangan hutan menjadi lebih terang/putih dengan replace color, caranya pilih pada tab menu Image > Adjustment > Replace Color. gerakan kursor ke arah langit warna biru untuk mengambil warna biru dari gambar tersebut.



Atur nilai parameter pada toolbox replace color untuk membuat warna biru langit menjadi lebih cerah/putih.

Step 5

     Duplikat layer 1(objek foto) dan layer hutan (gambar pemandangan hutan), Kemudian taruh layer dengan urutan seperti ini.




Step 6

     Sekarang kita buat garis seleksi dengan pola objek foto, caranya pada layer 1 kita pilih pada tab menu Select > Load selection atau bisa juga dengan tekan dan tahan tombol Ctrl + klik kiri tepat pada gambar tumbnail layer 1.



Selanjutnya pilih pada layer hutan, lalu klik ikon add layer mask di bagian bawah kotak panel layer untuk membuat mask layer hutan dan atur opacitinya menjadi 45%.



Sekarang pilih pada layer hutan copy (hasil duplikat layer hutan) dan pilih Eraser Tool, atur ukuran toolnya serta hardness dari erase tool kurang lebih seperti ini.



Hapus sebagian dari layer hutan copy dengan menggunakan eraser tool yang sudah diatur tadi. Hapus di sebagian saja kurang lebih seperti ini.

Cara membuat foto dengan efek double exposure di photoshop

Pindah lagi ke layer hutan dan kembalikan lagi opacitynya menjadi 100% kemudian ubah mode layernya dari normal menjadi lighten.


Step 7

     Sekarang kita ubah gambar objek menjadi hitam putih, caranya pada layer 1 pilih pada tab menu Image > Adjustment > Black and White. Atur nilai parameter pada toolbok black and white kurang lebih seperti ini.




Step 8

     Sekarang kita akan rapikan tampilan pemandangan dalam badan objek foto agar terlihat seolah-olah terjadi transisi secara gradasi dari gambar objek foto ke gambar pemandangan.

Pada mask layer hutan, pilih Brush Tool, atur ukuran brush serta hardness dan ubah foreground menjadi warna hitam, kemudian sapukan brush tool di sebagian tumbnail mask layer hutan seperti ini.



Jika kita lihat bagian objek gambar di atas, pakaian yang di kenakan model di atas terdapat saku di warna putih di bagian dada. Sekarang kita akan menghapusnya agar gambar pemandangan terlihat rapi.

Pada layer 1 kita pilih Eraser Tool, kemudian atur ukuran eraser tool menyesuaikan besarnya gambar saku yang ada di pakaian si model, kemudian klik dengan eraser tool untuk menghapusnya.




Step 9

     Kemudian kita atur pencahayaan seluruh layer dengan pilih ikon create new fill or adjustment layer di bagian bawah kotak panel layer. Kemudian atur nilai parameter pada toolbox levels dan klik ikon clipping mask yang ada di bagian bawah kotak toolbox levels.



Sekarang kita atur Hue/Saturation dengan cara yang hampir sama saat mengatur levels. Klik ikon create new fill or adjustment layer dan pilih Hue/Saturation, kemudian atur nilai parameter di toolbox Hue/Saturation, jangan lupa klik ikon clipping mask.



Selanjutnya warna dengan selective color masih dengan cara yang hampir sama dengan langkah di atas  Klik ikon create new fill or adjustment layer > selective color > atur nilai parameter toolbox selective color.




Step 10

     Sekarang kita akan mempercantik tampilan foto agar tampak lebih keren. Buat layer baru dan beri nama layer dengan nama " Light color". Kemudian buat garis seleksi dengan pola gambar objek model dengan load selection seperti pada langkah di step 6 dengan tekan dan tahan tombol Ctrl + klik kiri tepat pada gambar tumbnail layer 2.



Pilih brush tool dengan ukuran brush kurang lebih 1000px, hardness 0%, dan pilih warna foreground dengan warna biru muda.


Sapukan brush tool 3 kali dengan warna foreground yang berbeda-beda, kurang lebih seperti ini.

Cara membuat foto dengan efek double exposure di photoshop

Jika sudah atur opacity layer light color menjadi 50%.




Step 11

     Selanjutnya kita tambahkan gradient map, klik ikon create new fill or adjustment layer > Gradient Map lalu klik pada kotak warna di toolbox gradient map, atur dan pilih warna seperti ini.





Jika sudah di atur seperti di atas, langkah terakhir ubah opacity layer gradient map menjadi 30% dan ubah mode layer dari normal menjadi lighten.




Oke sobat sekalian, bagaimana hasilnya? Saya yakin pasti sobat sekalian bisa membuat yang lebih keren lagi. Mungkin sampai di sini saja tutorial kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sobat grafisarena sekali. Selamat mencoba sob ! ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment