ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Belajar Dasar Adobe Illustrator


     Pertama kalinya grafisarena akan memposting tentang adobe illustrator. Yap, grafisarena akan memulai untuk memberikan tentang materi mempelajari adobe illustrator, dan semuanya akan dimulai dari awal/dasar.

Pertama-tama kita kenali dasar-dasar adobe illustrator dahulu. Dalam mempelajari berbagai hal semuanya tidak ada yang instan, semua butuh proses, seperti pada ulasan berikut ini. Semua tahu, berbagai produk adobe adalah sebuah software tentang multimedia yang begitu lengkap fiturnya namun juga begitu rumit penggunaannya saking banyaknya fitur-fitur di dalamnya untuk kita gunakan, maka dari itu kita perlu mengetahui dasar-dasaarnya terlebih dahulu untuk memulai proses belajar. Seperti pada materi ini, kita akan mengulas tentang apa saja dasar pada adobe illustrator.

Pengertian Adobe Illustrator

     Adobe Illustrator adalah program editor grafis vektor terkemuka, dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Illustrator CC merupakan versi terkini program ini, generasi kedua puluh untuk produk Illustrator.(Wikipedia)

Adobe illustrator dalam sejarahnya sudah dikembangkan dalam beberapa versi, ketika saya menulis artikel ini, versi terakhir adobe illustrator CC tahun 2017. Mungkin untuk kedepannya pihak adobe.inc akan terus mengembangkan versinya menyesuaikan perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat seperti sekarang ini.

program ilustrasi vektor, adobe illustrator adalah sebuah software yang sangat efektif untuk membuat karya imajinatif untuk para designer ke dalam bentuk gambar. Untuk kalangan design grafis ataupun yang ingin belajar design, program satu ini bisa menjadi salah satu program yang sangat disarankan.

Hal Yang Mendasar

  • Kompatibilitas
Kompatibilitas dengan Inkscape: format asli Inkscape adalah SVG , yang didukung oleh AI, tetapi dua implementasi tidak 100% kompatibel. Inkscape juga ekspor ke PS , EPS dan PDF, format yang dapat mengenali Illustrator.
Artinya, illustrator ini sangat mudah untuk digunakan apalagi para pemakai produk adobe misalnya yang sudah terbiasa dengan photoshop tidak akan begitu asing dengan tampilan atau struktur yang ada di dalam AI. Begitu juga dengan produk-produk adobe lainnya, yang saling terhubung dan kompitable dengan satu sama lain.

menggunakan adobe illustrator untuk membuat vektor, hasilnya dengan mudah bisa meletakan file bitmapnya di adobe photoshop, indesgn dan yang lain dengan mengcopy pastekan.
  • Shortcut
Seperti program/software adobe pada umumnya, maupun program komputer lainnya, dalam program AI juga terdapat beberapa tombol shortcut yang memudahkan pengguna dalam mengerjakan karya maupun proyek dengan program AI. Ada beberapa tombol shortcut yang sama kegunaannya di photoshop (jika sudah terbiasa photoshop) dan ada beberapa yang berbeda fungsinya mengingat tampilan interface maupun tool yang ada di AI juga sedikit berbeda dengan yang ada di Photoshop.
  • Pembelajaran
Bagi sobat sekalian yang belum sama sekali mengerti tentang adobe illustrator (AI) dan ingin belajaar menggunakan program AI, hal dasar yang perlu dipelajari adalah mengenal tampilan, tab menu, dan kegunaan tool yang ada pada AI. Kemudian setelah mengenal bebarapa tampilan yang ada di AI, belajar menggunakan dan membiasakan terhadap fungsi dan kegunaan perangkat-perangkat yang ada di dalam program AI. Lalu, bertahap menuju untuk belajar membuat gambar-gambar dasar secara pribadi maupun dengan mengikuti tutorial yang ada. Jika sudah mahir dalam penggunaannya lanjut ke dalam membuat karya-karya ciptaan sendiri untuk mewujudkan imajinasi yang dituangkan ke dalam objek sebuah gambar.


0 komentar:

Post a Comment