ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Illustrator Belajar Menggambar Objek dan Mengolah Gambar


     Pada dasarnya dalam program Adobe illustrator (Ai) ini, dalam penggunaan tool untuk menggambar hampir sama dengan Adobe Photoshop (jika kalian sudah terbiasa dengan photoshop) namun ada beberapa fitur tambahan yang mungkin di antaranya tidak ada di dalam photoshop. Sekarang kita akan membahas tentang cara menggambar dan mengolah gambar di Adobe Illustrator. Untuk itu kita perlu menyimak ulasan berikut.


1. Blending

     Blending dalam Ai adalah proses penggabungan satu bentuk objek ke bentuk objek lainnya dengan suatu gradasi perubahan.
Contoh :

Cara membuat gambar di atas yaitu
- buat dua buah bentuk objek yang berbeda dengan jarak yang sedikit jauh.
- Select all bentuk tersebut dengan Selection tool (V) dengan cara mengurung kedua objek.
- kemudian pilih Blend Tool atau tekan Ctrl + Alt + B 
Hasil blending dapat dilihat seperti pada gambar contoh di atas, blending option bisa diatur di pilihan menu tab Object - Blend - Blend Options.

2. Path Blending

     Path blending yaitu membuat hasil blending mengikuti pola garis path yang di buat
Contoh :


Cara untuk membuatnya :
- Buat dua objek kemudian diblend
- Buat garis path dengan bentuk yang diinginkan tidak usah terlalu jauh dari objek blending
- Select all dengan menggunakan selection tool
- pilih tab menu Object - Blend - Replace Spine
Maka hasil blend yang sudah kita buat tadi akan mengikuti pola yang sudah kita buat dengan garis path tadi.

3. Blending Color

     Tidak hanya bentuk yang dapat digabungkan/dicampur, warna juga dapat digabungkan dengan blend tool.

4. Distorsi Objek

     Di dalam pengenalan Tool Ai, saya sudah membahas mengenai kegunaan tool di Ai. Salah satunya adalah Warp Tool beserta kelompoknya, nah kegunaan warp tool dan kelompoknya ini berguna untuk membuat distorsi pada objek secara teratur maupun tidak teratur, seperti pada contoh.


Gambar bentuk di atas sudah di distorsi menggunakan berbagai macam warp tool dan kelompoknya. Selain dilakukan dari toolbox, mendistorsi juga bisa dilakukan melalui tab menu bar bagian atas dengan memilih menu Effect - Distort & Transform. Namun sebelumnya pilih dahulu objek yang akan didistorsi.

5. Offset Path

     Offset path ini sebenarnya hampir mirip kegunaannya dengan scale tool yaitu untuk memperbesar/memperkecil suatu objek dari ukuran aslinya. Hasil duplikat objek offset path ini berbeda dengan ukuran objek aslinya. Biasanya ini juga disebut dengan manual blending.

Cara menggunakan offset path.

- Buat bentuk objek path dengan menggunakan pen tool
- Kemudian select objek dengan selection tool
- Pilih pada pilihan tab menu Object - Path - Offset Path
- Akan muncul tool box offset path untuk mengatur ukuran path yang akan dirubah, kemudian OK.

Makin besar nilai offsetnya maka makin jauh dan lebar pula offset path yang dihasilkan, contohnya seperti gambar di atas saya menggunakan nilai offset path 10pt.

6. Efek Pada Objek

     Efek yang terdapat di program Ai memungkinkan untuk mengakses fungsi menu effect serta sub menu dalam menu effect. Semua kegunaan yang ada di dalam sub menu effect dapa digunakan seusai dengan kebutuhan kita. Misalnya seperti efek 3D, efek warp (melengkung) serta drop shadow dan masih banyak lagi yang bisa digunakan dalam sebuah objek.

di sini saya akan memberikan beberapa penggunaan sub menu effect yang ada di dalam program Ai.

a. Efek 3D

     Efek tiga dimensi ini akan memberikan sebuah penggambaran objek yang akan dijadikan objek yang mempunyai bentuk tiga dimensi. Dalam beberapa software gratis banyak juga yang menyediakan fitur efek 3D seperti ini, namun dalam penggunaannya mungkin akan sedikit berbeda.

Sebagai contoh kita buat sebuah gambar objek kotak dengan warna putih tanpa outline. Kemudian select objek tersebut lalu pilih pada menu Effect - 3D - Extrude & Bevel kemudian akan muncul toolbox 3D seperti gambar berikut.


Kasih tanda centang di kotak preview, jadi sembari kita mengatur nilai rotation yang ada di toolbox kita juga bisa langsung melihat hasil pengolahan gambar 3D sebelum kita menekan tombol OK.

Pada pengaturan nilai perspective kita akan disuguhkan dengan merubah bentuk objek 3D menjadi lebih realistis dari sudut pandangan (angle)


Dengan mengeklik tombol More Options kita akan mendapatkan pengaturan lanjutan yaitu berupa pengaturan arah cahaya, dengan cara mengisi nilai kolom light maupun drag titik cahaya yang ada pada toolbox.

Ini adalah contoh bentuk lain objek 3D yang dibuat dengan menggunakan pen tool.

 

b. 3D Revolve

     Salah satu keunikan efek 3D di program Ai ini adalah 3D Revolve. Prinsip pembuatan 3D revolve ini adalah membuat suatu objek 3D yang berputar pada suatu sumbu simetri dari objek 2D. Berbeda dengan pembuat 3D biasa yang mengextrude dari objek 2D. 3D revolve memberi putaran extrude yang menutupi objek 2D mulai dari 0 derajat sampai 360 derajat.

Cara menggunakan 3D revolve
- Kita buat objek dahulu.


- Kemudian pilih warna untuk objek tersebut
- Lalu pilih pada tab menu Effect - 3D - 3D Revolve


c. Efek 3D Flat

     Sama seperti pembuat 3D di atas, hanya saja pada efek 3D flat ini akan menampilkan objek gambar yang berbentuk 2D namun dari sudut pandang 3D dan tidak memiliki ruang bentuk 3 Dimensi. Seperti pada contoh.


d. Drop Shadow (Bayangan)

     Drop shadow atau bayangan sudah tak asing lagi di dunia grafis fitur yang simpel namun sangat berguna dan bahkan sering untuk digunakan. Dalam Ai untuk menggunakan fitur ini cukup dengan klik pada tab menu Effect - Stylize - Drop Shadow, kemudian akan muncul toolbox, masukan nilai parameternya untuk mengatur bayangan sesuai dengan kemauan.

e. Inner Glow

     Inner glow juga pasti sangat tidak asing lagi bagi kalian yang sudah mempelajari tentang dunia grafis, yaitu memberi efek bayangan dari dalam objek. cukup dengan klik tab menu Effect - Stylize - Inner Glow.

f. Bundle objek

     Bisa di katakan membungkus atau menggabungkan atau juga membentuk objek menjadi seperti bentuk benda/objek lain. Misalnya objek yang akan kita bentuk seperti kain terlipat, maka objek yang kita maksud tersebut akan mengikuti bentuk kain terlipat. Untuk lebih jelasnya coba simak ulasan berikut.

Dalam hal membungkus/menggabungkan objek yang sudah saya paparkan di atas, di program Ai sering disebut dengan istilah warping untuk mengakses menu warping bisa dengan cara klik pada tab menu Effect - Warp - Di situ banyak sekali macam pilihan warping.

Beberapa Contoh hasil objek setelah menggunakan options sub menu warp.


7. Masking

     Seperti pada namanya teknik masking ini mengibaratkan kita akan membuat sebuah gambar pada topeng, jadi kita akan mengambil sebagian objek gambar dengan menggunakan bentuk gambar yang lain.
Untuk menggunakannya cukup dengan pilih pada tab menu, Object - Clipping Mask - Make, jika ingin melepaskan pilih pada menu Object - Clipping Mask - Release.

Contoh seperti di bawah ini.


Mungkin cukup ini saja mengenai belajar menggambar dasar di Adobe Illustrator, semoga dapat memberi manfaat bagi sobat sekalian yang masih dan baru mulai belajar Adobe illustrator. Dan bagi para master design mungkin ada salah dan kekurangan mohon kritik saran serta tambahan di kolom komentar di bawah, ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment