ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Illustrator Membuat Tekstur Kayu

Cara membuat tekstur kayu dengan adobe illustrator

     Sesuai dengan judul topik, kali ini grafisarena.com akan memberikan tutorial tentang membuat tekstur serat kayu menggunakan adobe illustrator. Di tutorial ini kita akan menggunakan efek sketch graphic pen untuk membuat arus atau serat-serat kayu. Caranya sangat mudah dan simpel, dan tidak usah berlama-lama lagi, sekarang mari kita simak tutorial berikut ini.


Step 1

     Langkah pertama yang harus di lakukan adalah membuka adobe illustrator kalian sob, kemudian pilih New atau juga bisa dengan tekan tombol Ctrl + N, kemudian atur ukuran layer/kanvas. Di sini saya menggunakan ukuran kanvas 1000 x 560px.

Step 2

     Buat sebuah objek persegi dengan Rectangle Tool (M), klik dan drag kursor tool dan buat bentuk persegi panjang vertikal kurang lebih seperti ini.


   
Kemudian beri warna persegi panjang vertikal tersebut dengan warna coklat seperti warna coklat kayu.




Step 3

     Pilih objek persegi panjang tersebut dengan Selection tool kemudian copy (Ctrl + C) lalu paste (Ctrl + V) di depan objek persegi panjang. Kemudian objek hasil copyan tadi kita resize ukurannya, perkecil ukurannya menjadi persegi panjag horizontal.




Beri warna hitam pada persegi panjang kecil tersebut dan atur opacitynya menjadi 40%, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.



Step 4

     Langkah berikutnya kita mulai untuk membuat tekstur serat kayunya. Caranya masih tetap pilih objek persegi panjang yang kecil, kemudian pilih pada tab menu Effect > Sketch > Graphic Pen. Maka akan muncul tool box graphic pen kemudian atur nilainya kurang lebih seperti ini.



Stroke Length : 15, Light/Dark Balance : 2, dan Stroke Direction : Vertical, kemudian OK.

Step 5

     Masih pada persegi panjang kecil dengan posisi masih terselect, kemudian kita expand dengan cara pilih pada tab menu Expand > Appearance, maka garis selection akan terlihat melebar seperti ini.


 
.Step 6

     Kemudian kita pilih pada tab menu Window > Image Trace, akan muncul tool box image trace. Lalu atur nilai-nilai parameter yang ada di tool box berikut kurang lebih seperti ini.



Step 7

     Kemudian klik pilihan "Expand" yang ada di bagian menu option bar, atau bisa juga dengan pilih pada tab menu Object > Expand, maka pola yang akan kita jadikan sebagai tekstur serat kayu tadi akan menjadi garis path.



Step 8

     Kemudian resize, perbesar ukuran pada serat kayu yang sudah di buat seperti langkah-langkah di atas, sesuaikan dengan besar backround/persegi panjang vertikal.



Selanjutnya copy serat kayu yang sudah di resize tersebut, lalu hasil copyan kita putar 180 derajat agar pola tersebut tidak tertumpuk sama dengan pola di bawahnya. Atur opacitynya menjadi 20%.

Cara membuat tekstur kayu dengan adobe illustrator

Lakukan langkah-langkah di atas untuk memperbanyak pola-pola serat kayu lainnya, entah dengan ukuran yang berbeda, atau posisi yang berbeda, dan juga opacity yang berbeda.





Jika sekiranya sudah terasa banyak serat kayu yang dibuat, dan kurang lebih hasilnya akan terlihat seperti ini.



Step 9

     Untuk membuat agar gambar kayu terlihat lebih realistis, kita akan membuat pola serat kayu agar terlihat tidak selalu lurus, namun juga ada lekukan-lekukan. Caranya dengan pilih Warp Tool, kemudian sapukan warp tool pada pola serat kayu sedikit saja dan menyebar.



Kemudian untuk tambahan lagi, kita tambahkan seolah-olah ada bekas potongan cabang dahan kayu, sehingga polanya akan terlihat melingkar.

Caranya dengan Twirl Tool, klik 2x pada twirl tool maka akan muncul tool box untuk pengembang pengaturan twirl tool, atur nilai parameter pada tool box twirl tool seperti ini.

Cara membuat tekstur kayu dengan adobe illustrator



Hasil akhirnya jika sobat sekalian mengikuti step by stepnya, akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


Kreasikan lagi hasil akhirnya sob, itu hanya sebuah dasar saja, kembangkan imajinasi kalian untuk mendapatkan gambar yang keren dan bagus. Gunakan fitur-fitur lain yang ada di illustrator untuk menambah tampilan gambar agar lebih bagus.






Kurang lebihnya seperti sob, saya yakin sobat sekalian pasti bisa membuat karya yang lebih bagus, kita juga sama-sama sedang belajar untuk mengembangkan kreatifitas. Mungkin hanya itu saja sob tutorial yang bisa saya berikan, bila ada pertanyaan, kritik serta saran dari sobat sekalian silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah. ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment