ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Illustrator Menggambar Gelas Wine

Tutorial cara menggambar gelas wine dengan adobe illustrator

Pada tutorial kali ini kita akan membuat sebuah gambar gelas tipe gelas wine dengan menggunakan Mesh Tool. Sebenarnya mesh tool di sini lebih digunakan untuk membuat atau mengatur ruang warna dan gradasi antara batas warna. Sebelum menggunakan mesh tool untuk pewarnaan alangkah baiknya kita memahami dasar atau teknik dalam menggunakan mesh tool. Singkatnya ruang warna dalam mesh tool ini mengacu pada titik anchor yang dibuat dengan mesh tool dan luas atau skala warna mengacu pada ukuran garis handle dari titik anchor.


Sekarang langsung saja mari kita simak sob menggambar gelas wine dengan sedikit air di dalamnya. Pertama langsung saja untuk membuka adobe photoshop kalian sob, kemudian buat lembar dokumen baru dengan ukuran yang menyesuaikan.

Step 1

Lalu kita buat sebuah bentuk lingkaran dengan menggunakan ellipse tool.




Step 2

Kemudian bentuk lagi sebuah persegi panjang dengan rectangle tool tepat di atas bentuk lingkaran tadi. kita akan memotong bagian lingkaran tersebut dengan bentuk persegi menggunakan pathfinder.



Jika bentuk bagian atas lingkaran sudah terpotong secara lurus horisontal, sekarang kita atur beberapa titik anchor pointnya bisa dengan menggunakan Direct Selection Tool, dan mengatur garis handle dari titik anchor tersebut dengan menggunakan Anchor Point Tool sehingga akan terbentuk seperti di bawah ini.




Step 3

Sekarang pilih Mesh Tool dan mulailah klik pada bagian tengah bentuk kepala gelas tadi sehingga akan muncul garis mesh tool seperti di bawah ini.



Tambahkan juga pada bagian atas titik mesh untuk kita bentuk nantinya sebagai bagian dari bibir gelas.


Step 4

Sekarang rapikan titik anchor pointnya dengan direct selection tool dan garis handle dengan anchor point tool. Terutama pada garis mesh bagian atas untuk membentuk bagian bibir gelas.




Setelah selesai, ulangi langkah di atas untuk menambahkan garis mesh sehingga garis mesh pada bentuk kepala gelas kurang lebih akan seperti ini.




Step 5

Sekarang kita akan mulai untuk memberi warna pada bentuk yang sudah kita buat seperti di atas, terutama pada bagian titik anchor pada bagian bidang tertentu yang akan kita beri warna tertentu.



Dengan Direct Selection Tool tahan tombol Shift kemudian klik titik anchor yang ada di bagian dalam garis merah seperti gambar di atas untuk menandai titik yang akan di beri warna. Seperti contoh di atas saya beri warna cokelat muda sebagai warna minumannya.


Step 6

Sekarang kita mulai membuat tingkatan gradasi warna pada warna minuman dari titik anchor paling samping menuju ke tengah dengan tingkatan warna semakin terang.



Kemudian warnai juga sisi samping lainnya dengan cara dan teknik yang sama.

Tutorial cara menggambar gelas wine dengan adobe illustrator


Step 7

Sekarang tambahkan garis mesh lagi pada bagian atas tengah antara bibir gelas, nantinya bagian ini akan kita kosongkan warna/transparan sebagai bagian atas gelas.



Jangan lupa untuk merapikan titik anchornya serta ukuran panjang garis handle. Bagian ini akan menentukan tampilan kaca gelas dan bibir gelas nantinya.




Step 8

Selanjutnya pilih beberapa titik anchor dengan direct selection tool dan tahan tombol shift, klik titik anchor yang ada di bagian tepi kepala gelas serta bagian bibir gelas. Kemudian beri warna cokelat.




Step 9

Kemudian kita pilih lagi titik anchor sisanya, yaitu pada bagian gelas yang kosong. Beri warna putih, kemudian kita ubah opacity menjadi 0%. Sehingga bagian gelas yang kosong itu akan menjadi transparan layaknya kaca pada gelas.




Step 10

Kita pilih beberapa titik anchor seperti contoh gambar di bawah ini.



Ubah opacity titik anchor yang sudah di tandai dengan lingkaran merah menjadi 100%, dan titik anchor yang di tandai lingkaran hitam menjadi 25 %. Tahap ini akan memberikan efek pantulan sinar yang ada di kaca gelas.

Sekarang kita sudah selesai pada tahap membuat kepala gelas. Jika kita ubah warna backgroundnya, maka tampilannya akan seperti ini.




Step 11

Sekarang kita akan mulai membuat pangkal kepala gelas. Buat sebuah bentuk persegi simetris, kemudian putar (rotate) bentuk persegi sebesar 45 derajat.



Hapus titik anchor paling atas dengan Delete anchor point tool sehingga akan membentuk segitiga simetris ke bawah. Tempatkan segitiga tepat di bawah kepala gelas secara simetris.


Step 12

Beri warna pangkal kepala gelas dengan menggunakan Gradient tool dengan warna dan parameter gradasi warna seperti di bawah ini.



Lanjut, tambahkan titik anchor dengan Add anchor point tool pada garis atas segitiga untuk membuat lengkungan seperti ini.



Sekarang kita tambahkan drop shadow pada bagian pangkal kepala gelas, dengan pilih pada tab menu Effect > Stylize > Drop Shadow. Atur nilai parameter drop shadow kurang lebih seperti ini.




Step 13

Selanjutnya kita akan membuat bagian pegangan/gagang gelas. Pertama buat sebuah persegi panjang ke bawah tambahkan beberapa titik anchor dengan add anchor point tool seperti gambar di bawah ini.



Tambahkan juga dan atur garis handle dengan anchor point tool untuk membuat lengkungan sehingga akan membentuk gambar seperti di atas.


Step 14

Sekarang kita beri warna gagang gelas dengan mesh tool seperti saat memberi warna pada bagian kepala gelas di atas. Buat garis mesh kemudian beri warna tiap garis/titik anchor pada garis mesh sehingga akan membentuk warna gradasi seperti ini.




Step 15

Bagian terakhir adalah bagian alas gelas. Hampir sama seperti membuat gagang gelas, mulai dengan membuat persegi panjang melebar. Kemudian drag titik anchor pojok atas persegi panjang sehingga membentuk seperti ini.



Tambakan titik anchor di bagian bawah persegi panjang, dan tambahkan garis handle untuk membuat sedikit lengkungan pada bagian alas.


Step 16

Kemudian buat garis mesh tool dan beri warna tiap titik anchor garis mesh untuk memberi kesan gradasi warna.



Oke sobat sekalian, Step by step sudah terlewati jika kalian mengikutinya dengan teliti kurang lebih untuk hasilnya akan terlihat seperti ini.

Tutorial cara menggambar gelas wine dengan adobe illustrator

NB : jika warna gradasi tidak sesuai dengan contoh-contoh di atas, sobat perlu mengatur garis handle yang terdapat pada titik anchor, karena garis handle yang menentukan  skala ruang warna.

Mungkin cukup sekian tutorial kali ini sob, Semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua, silahkan jika ingin menambahkan kritik, saran dan komentar. ThankYou. ;-)

0 komentar:

Post a Comment