ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Membuat Efek Ray Of Light


     Ray of Light atau biasa disingkat dengan ROL sebenarnya salah satu teknik dalam dunia fotografi. Dimana Ray of light ini adalah teknik untuk menangkap garis cahaya yang timbul dari sumber cahaya melalui celah dalam bidang gelap/tertutup. Untuk memotret Ray of Light ini kita butuh view/pemandangan yang cenderung rimbun/tertutup namun masih terdapat celah untuk masuknya sumber cahaya.


Namun dalam dunia fotografipun juga masih bisa di rekayasa dengan alat-alat atau aksesoris tambahan seperti lighting untuk membuat rekayasa cahaya matahari atau smoke machine untuk membuat kabut buatan. Namun perlu diketahui juga dalam dunia grafis juga bisa merekayasa teknik Ray of Light ini.

Nah, pada kali ini grafisarena akan memberikan tutorial membuat rekayasa Ray of Light menggunakan Photoshop. Tutorialnya sangat simpel dan mudah. Sobat sekalian hanya perlu menyiapkan sebuah foto yang akan di rekayasa, kemudian brush alur cahaya dan software photoshop tentunya. Sebagai contoh di sini saya akan menggunakan foto seperti berikut.



Kemudian saya akan menggunakan brush garis cahaya. Silahkan bisa langsung di download di bawah ini brushnya.

Jika sudah, mari kita mulai membuatnya.

Step 1

Pertama buka foto yang sudah disiapkan ke dalam adobe photoshop. Kemudian buat layer baru dengan klik ikon create a new layer di bagian bawah panel layer.



Step 2

Kemudian pilih brush tool, dan pada kotak dialog brush tool load brush yang sudah di download tadi untuk menambahkan varian brush.

Pilih warna foreground putih, kemudian atur opacity brush menjadi 50% atau lebih tinggi jika ingin sinar cahaya terlihat lebih jelas.



Step 3

Kemudian klik brush tool ke layer yang sudah kita buat tadi. Usahakan dalam menempatkan ujung brush sinar cahaya ini berada di celah cahaya yang masuk. Makannya analisis foto/gambar sebelum mengeditnya sangat diperlukan.




Step 4

Sekarang untuk membuat tampilannya lebih indah kita akan menambahkan beberapa fitur yang ada di adjustment layer seperti Levels, Curve, Hue/Saturation, dan Selective Color. Pertama kita akan mengatur level dulu. Pilih ikon create new fill or adjustment layer > levels.



Kemudian pada kotak dialog levels atur kurang lebih seperti ini.



Step 5

Kemudian kita akan mengatur Curve nya, dan dalam pengaturan diagram kurvanya saya hanya mengatur diagram kurva dalam mode red dan blue saja. seperti ini.




Step 6

Beralih ke pengaturan Hue/Saturation, caranya masih sama, pilih ikon create new fill or adjustment layer > Hue/Saturation. Kemudian atur nilai yang ada di kotak dialog hue/saturation seperti ini.




Step 7

Yang terakhir kita akan mengatur Selective color. Di sini pada kotak dialog selective color saya hanya akan mengubah nilai parameternya di mode warna Yellow dan Green saja.




Oke selesai untuk membuat rekayasa Ray of Light menggunakan photoshop. Bagaimana sob? Gampang kan? untuk hasil akhirnya kurang lebih seperti ini.



Saya yakin sobat yang baru saja belajar pun pasti bisa membuatnya. Mungkin cukup sekian untuk tutorial singkat kali ini. Semoga dapat memberi manfaat bagi kalian semua. ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment