ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Membuat Teks Efek Bening seperti Kaca

Tutorial Photoshop Membuat Teks Efek Bening seperti Kaca

Teks efek sebening kaca ini hanya memberikan efek dengan tampilan tekstur teks yang terlihat seperti beningnya sebuah kaca atau transparan. Membuatnya juga sangat mudah, bagi sobat sekalian yang baru belajar photoshop juga pasti bisa untuk membuatnya.


Caranya kita hanya akan memainkan beberapa pengaturan yang ada di layer style seperti inner shadow, inner glow, drop shadow dan masih banyak lagi. Teks efek sebening kaca ini cocok bagi kalian yang baru belajar photoshop, atau kalian yang ingin membuat style teks untuk dijadikan desain kaos, desain web, atau desain grafis lainnya.

Berikut saya akan sajikan langkah-langkah dalam pembuatan teks efek sebening kaca. Ikuti dan simak baik-baik tutorialnya.


Step 1

Pertama buka software photoshop kalian di versi berapa aja. Kemudian buat sebuah lembar dokumen baru dengan pilih pada tab menu File > New pilih Custom dan atur ukuran sesuai keinginan sobat sekalian. Di sini saya menggunakan ukuran 1920 x 1200px. Kemudian pilih Gradient Tool dengan mode warna Foreground to background dan tipe gradient Radial. Pilih warna foreground biru muda dan background biru tua. Drag gradient tool dari pojok kiri atas ke pojok kanan bawah.




Step 2

Berikutnya kita akan menyusun teks menjadi sebuah kata. Tentukan jenis font sesuai dengan keinginan sobat sekalian. Kemudian beri warna putih pada foreground untuk memberi warna pada teks nantinya. Jika sudah sesuaikan ukuran teks menyesuaikan ukuran kanvas. Atur Fill layer menjadi 15%.




Step 3

Sekarang kita akan mulai untuk memberikan style layer pada layer teks tersebut. Kita mulai dengan mengatur Drop shadow. Pilih ikon add a layer style yang ada di bagian bawah panel layer. Kemudian pilih Drop Shadow pada toolbox/ kotak dialog atur nilai parameternya seperti ini.



opacity : 30%, Distance: 0, Spread: 0, Size: 50px, pada menu dropdown Contour ubah menjadi mode Gaussian.


Step 4

Berikutnya kita akan mengatur Inner Shadow Caranya munculkan lagi toolbox Layer Style tadi kemudian pilih menu Inner Shadow. Atur nilai strukturnya, ubah mode Blend menjadi Screen pilihan kotak warna hitam, Opacity: 75%, Distance: 0, Choke: 0 dan Size: 10px.




Step 5

Masih pada kotak dialog layer style. Pilih dan centang menu Outer Glow atur nilai parametenya dari Blend Mode menjadi Soft Light kemudian Opacity menjadi 30% dan ganti warna dengan kode warna #c7eafb di kolom Elements ubah Size nya menjadi 70px.




Step 6

Sekarang aktifkan Inner Glow pada nilai struktur Blend mode menjadi Overlay kemudian ubah opacity menjadi 40% ganti kotak warna dengan kode warna #c7eafb. Pada kolom elements isi Choke menjadi 30% dan Size : 15px.




Step 7

Sekarang giliran bagian Bevel and Emboss. Atur nilai parameter seperti Size menjadi 14px, pada kolom shading ganti kurva Gloss Contour menjadi Cone-Inverted dan highlight mode menjadi overlay dengan warna putih. Kemudian ubah opacity menjadi 75%, Shadow mode menjadi multiply dengan warna hitam dan opacity menjadi 0%.




Step 8

Sekarang pada Bevel and Emboss terdapat sub menu Contour, Aktifkan dan biarkan pengaturan secara deafult seperti itu.

Tutorial Photoshop Membuat Teks Efek Bening seperti Kaca


Step 9

Sekarang ke bagian Satin ubah blend mode menjadi multiply kemudian isi nilai parameter opacity: 50%, Distance: 11px, Size: 14px dan ganti kurva contour menjadi Half Round.




Step 10

Yang terakhir di kotak dialog layer style adalah bagian Stroke. Ubah nilai parameter dari Size menjadi 1px dan ubah position menjadi Outside dan blend mode: normal. Ubah juga opacity ke 20% dan warna dengan kode warna #8ed8f8.




Step 11

Sekarang kita akan mulai untuk membuat beberapa efek tambahan. Pertama buat layer baru diantara layer background dan layer teks.



Pilih Gradient Tool dengan mode warna Foreground to background dan tipe gradient Radial. Pilih warna foreground putih dan background hitam. Klik warna gradient hingga muncul kotak dialog pengaturan gradasi warna. Geser ikon color stop dan nilai location menjadi 30%.



Kemudian drag gradient tool dari tengah ke pojok gambar.



Kemudian ubah blending mode pada layer tersebut dari normal menjadi Soft Light dan ubah opacity menjadi 30%.


Step 12

Sekarang buat layer baru lagi di atas layer teks. Kemudian Tekan Ctrl dan Klik pada kotak gambar thumbnail pada layer teks untuk membuat area seleksi berdasarkan bentuk teks. Pilih pada tab menu Edit > Fill dan muncul kotak dialog Fill ubah pada bagian Use menjadi White.



Sekarang ubah opacitynya menjadi 20%.




Step 13

Masih pada layer yang baru dibuat tadi. Pilih Elliptical Marque Tool dan buat area seleksi berbentuk lingkaran diatas masing-masing huruf. Buat area seleksi lingkaran di atas huruf G kemudian tekan dan tahan tombol Shift untuk membuat area seleksi lingkaran di huruf A begitu juga sampai huruf terakhir. Jadi nantinya area seleksi itu akan tergabung seperti ini.



Sekarang pilih pada tab menu Select > Inverse atau bisa juga dengan tekan tombol pada keyboard Shift + Ctrl + i untuk membalikan area seleksi.



Kemudian pilih pada tab menu Edit > Clear atau bisa tekan Delete untuk menghapus bagian area seleksi.




Step 14

Sekarang kita akan menambahkan efek berkilau pada beberapa huruf. Pertama buat layer baru lagi di atas, kemudian pilih Pen Tool ubah mode dari shape ke mode Path. Kemudian buat bentuk bintang seperti ini.

Tutorial Photoshop Membuat Teks Efek Bening seperti Kaca

Sekarang Tekan dan tahan tombol Ctrl dan klik kotak gambar tumbnail pada work path di panel path untuk membuat area seleksi sesuai bentuk bintang yang sudah dibuat.



Sekarang beri warna pada area seleksi dengan pilih pada tab menu Edit > Fill pilih Use: White atau bisa juga dengan cara pilih warna putih pada panel warna swatches kemudian tekan Alt + Delete. Selanjutnya ubah opacity menjadi 50%.




Step 15

Terakhir, duplikat layer gambar bintang tersebut dan tempatkan gambar bintang tersebut ke beberapa bagian huruf agar terlihat seperti berkilauan.





Oke selesai, sangat mudah dan tidak ribet bukan? Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian pecinta grafis. Sekian dan ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment