ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Photoshop Teks Efek Rumput

Membuat teks dengan efek rumput di photoshop

     Hai sobat setia grafisarena, kembali lagi dengan tutorial-tutorial unik dari grafisarena.com. Kali ini saya selaku admin akan membagikan tutorial teks efek rumput. Yap, seperti yang tampak pada gambar di atas, kali ini kita akan membuat tulisan dengan menghiasi efek rumput. Singkatnya, nanti kita akan melakukan seleksi secara manual dengan menggunakan Lasso Tool per huruf. Kemudian kita akan menambahkan tekstur rumput pada huruf yang kita seleksi.
Memang agak ribet dan lama sih jika kita membuatnya per huruf, tapi jika sobat sekalian mengikuti langkah demi langkahnya pasti akan bisa untuk dipraktekinnya. Oke, tidak perlu lama-lama penjelasannya langsung mari kita simak tutorial berikut ini.

Langkah 1

     Seperti biasa, siapkan dulu bahan-bahanya, software photoshop terserah mau versi berapa, kopi serta rokok untuk menemani. hehehe...eits bagi kalian yang masih di bawah umur gak usah pakai rokok deh hahaha. Selanjutnya dua gambar di bawah ini.


Dua gambar di atas terdiri dari gambar kertas lecek dan gambar rumput, gambar kertas lecek untuk background, gambar rumput untuk tekstur hurufnya. Sobat sekalian tinggal cari di google banyak, tidak usah terpaku dengan gambar di atas, yang penting hampir serupa.

Langkah 2

     Buka photoshop kalian sob, langsung buat dokumen baru klik File - New. Atur ukuran kanvas sesuai yang sobat inginkan, di sini saya menggunakan ukuran kertas A6 terus saya rotasikan 90 derajat.



Beri warna gradasi untuk background dengan menggunakan Gradient Tool dan pilih Radial Gradient di tab menu bagian atas. Kemudian tarik titik gradient seperti gambar di atas. untuk warna saya menggunakan #a5ea15 hijau muda dan #3b7d17 hijau tua.

Langkah 3

      Sekarang masukan gambar kertas lecek yang sudah disiapkan tadi, kemudian atur ukuran sesuai dengan ukuran background.



Lalu atur kecerahan pada gambar kertas lecek supaya lebih terlihat agak gelap dengan memilih pada tab menu Image - adjustment - brightness and contrast atur kurang lebih seperti berikut.



masih pada gambar kertas lecek, ubah blending optionnya dari normal menjadi overlay. Dan atur opacitynya menjadi 26%.



Langkah 4

     Sekarang buat layer baru di atas gambar kertas lecek, lalu pilih Brush Tool dan sesuaikan ukuran dengan hardness 0%. Sapukan Brush Tool di sepanjang bagian tepi gambar.





Langkah 5

     Berikutnya, kita masukan gambar rumput yang sudah kita siapkan tadi dan atur sesuai dengan ukuran background.



Langkah 6

     Sekarang kita pilih Horizontal Type Tool untuk membuat teks. Buat sebuah kata terserah sobat sekalian. Gunakan tipe font yang mempunyai karakter tegas dan mudah di baca. Di sini saya menggunakan tipe font "Arial Bold" dengan warna putih.

Membuat teks dengan efek rumput di photoshop

Ubah opacity teks menjadi 0% dan atur paragraf teks seperti di atas.

Langkah 7

     Sekarang kita gunakan Lasso Tool untuk membuat garis seleksi. Nah di sini yang di butuhkan adalah keterampilan sobat dalam membuat garis seleksi mengingat lasso tool adalah tool untuk membuat garis seleksi secara bebas sesuai dengan kursor yang kita gerakan.



Perhatikan gambar di atas !!! buat garis seleksi secara tidak beraturan namun masih mengikuti pola huruf yang di buat. Usahakan garis seleksi membentuk garis lancip keluar huruf maupun ke dalam huruf agar nanti terlihat daun rumput yang tidak beraturan.

Langkah 8

     Setelah selesai menghubungkan titik Lasso Tool dan membentuk garis seleksi huruf, misal pada huruf G, tempatkan posisi layer pada gambar rumput yang dipilih. Kemudian Tekan Ctrl + J dan akan muncul layer baru hasil duplikat hanya pada bagian yang terseleksi.



Matikan layer teks dan layer gambar rumput untuk melihat hasil seleksi yang kurang lebih akan terlihat seperti gambar di atas.

Langkah 9

     Jika sudah, sekarang pada layer huruf G hasil seleksi, kita atur blending optionnya dengan pilih pada bagian panel layer Add a layers style - Blending options.



Sesuaikan pengaturan Satin, Bevel & Emboss Dan juga Drop Shadow masing-masing seperti pada gambar di atas.

Langkah 10

     Masih pada layer huruf G, sekarang kita tekan dan tahan tombol Ctrl dan Klik kiri tepat pada gambar thumbnail layer huruf G, maka secara otomatis akan membentuk garis seleksi mengikuti pola huruf G dengan tekstur rumput.



Setelah itu buat layer baru dan pilih pada layer baru tersebut. Lalu kita pilih Brush Tool dengan warna hitam dan sapukan ke dalam area garis seleksi secara merata.



Kemudian tempatkan layer huruf yang di block warna hitam tersebut di bawah layer huruf G yang bertekstur rumput. Tujuannya kita akan membuat bayangan huruf 3 dimensi.

Langkah 11

     Setelah layer huruf G yang di blok hitam tadi di bawah layer huruf G bertekstur rumput, sekarang kita pilih layer huruf G blok hitam dan kemudian pilih Move Tool, lalu tekan keyboard pada tombol arah kanan 1x dan arah bawah 1x.



Hasilnya Layer huruf G yang di block hitam tadi akan bergeser 1px ke arah kanan dan 1px ke arah bawah dan membentuk bayangan seperti ini.



Setelah terlihat gambar seperti di atas, kita duplikat layer huruf G blok hitam tadi dengan tekan tombol Ctrl + J, pada layer hasil duplikat tadi lakukan lagi dengan menggeser 1x ke arah kanan dan 1x ke arah bawah, duplikat lagi, geser lagi, terus ulangi sampai kurang lebih 15x dan membentuk 15 layer bayangan huruf G yang terbentuk secara 3 dimensi.



15 layer bayangan tersebut kita jadikan satu dengan tekan dan tahan tombol Ctrl dan pilih semua layer bayangan. Kemudian tekan tombol Ctrl + E (Merge layers). Kemudian, untuk memudahkan kita ubah nama layer menjadi "bayangan".

Langkah 12

     Pada layer bayangan kita pilih pada tab menu Filter - Blur - Blur Motion dan atur tingkatan blur serta jarak seperti di bawah ini.

Membuat teks dengan efek rumput di photoshop

Kemudian kita ubah opacitynya sekitar 30% sampai 40%



Lalu kita geser layer bayangan ke arah kanan bawah dengan move tool, namun kali ini tidak hanya 1x geser namun sampai terlihat bayangan mengarah ke bagian kanan bawah pada huruf G, dan bagian kiri atas huruf sudah tidak terlihat bayangan lagi.

Langkah 13

     Duplikat layer bayangan tersebut dan ubah mode layer dari Normal ke Multiply, kemudian kita pilih Eraser Tool sesuaikan ukuran dengan hardness 0%. Hapus pada bagian sebelah tepi bayangan saja.



Jika sudah kita duplikat lagi kemudian hapus lagi bagian tepi bayangan, ulangi seperti itu kurang lebih sampai 3x. Tujuannya adalah untuk memberi kesan bayangan yang semakin dekat dengan huruf semakin tegas.



Oke sobat, Sekarang kita satukan seluruh layer bayangan dengan layer G bertekstur rumput dengan Ctrl + E dan untuk memudahkan kita beri nama layer "G".

Langkah 14

     Sekarang coba kita preview hasilnya. Pindahkan layer G tadi di atas layer Teks kemudian kita aktifkan layer Teks yang sudah kita matikan tadi. Hasilnya kurang lebih terlihat seperti ini.



Selesai kita dengan satu huruf sob, bagaimana capek bukan ? hehehe, sama sob saya juga capek apalagi tambah capek membuat artikel tutorial ini. Tapi demi sobat setia grafisarena capekpun kulalui asal selalu bisa memberikan tutorial keren untuk sobat grafisarena sekalian. Hahahaha

Oke kita lanjut sob

Setelah jadi membuat semua huruf pada sebuah kata, hasilnya kurang lebih akan terlihat seperti ini sob.



Sekarang kita tinggal bumbui untuk membuat gambar lebih keren, semua terserah sobat mau di tambahkan apa dan di manipulasikan bagaimana. Karena ini teks mempunyai efek rumput mungkin kita bisa menambahkan semacam bunga, batu, kupu-kupu, kumbang, dan lainnya.



Semua itu terserah sobat sekalian, kreasikan imajinasi kalian sob, hasil karya kalian pasti akan lebih keren dari ini.

Mungkin sampai di sini saja tutorial teks efek rumput yang sangat panjang ini, jika masih ada yang kurang jelas, kritik serta saran, silahkan di kolom komentar di bawah. Nantikan tutorial dan informasi menarik lainnya di grafisarena.com. ThankYou ;-) 

0 komentar:

Post a Comment