ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Apa itu Prosesor (Processor) dan Apa Fungsinya ?


     Sobat grafisarena sekalian, pada ulasan artikel sekarang saya akan menjelaskan tentang apa itu prosesor dan apa fungsi kegunaannya. Namun saya yakin sobat sekalian pasti sudah tidak lagi asing dengan apa yang dinamakan prosesor apa lagi di zaman yang serba canggih ini. Namun tidak ada salahnya kan jika saya membahasnya kembali, siapa tau ada informasi tambahan yang belum pernah di sajikan. Hehee .Terutama prosesor yang ada pada komputer, yang ingin menyimak berikut pembahasannya.



1. Pengertian Prosesor (Processor)

     Seperti yang sudah banyak dijelaskan, prosesor bisa disebut sebagai otak dari semua perintah yang dijalankan dari perangkat komputer. Secara umum prosesor adalah sebuah IC (Integrated Circuit) yang mengontrol dan memproses data keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Letak prosesor terdapat socket yang sudah disiapkan dalam motherboard. Prosesor ini dapat diganti/ditingkatkan apabila sesuai dengan socket motherboardnya. Prosesor ini adalah salah satu komponen yang sangat mempengaruhi kecepatan kinerja komputer selain dari komponen yang lainnya.

2. Fungsi Prosesor

     Pada umumnya fungsi sebuah prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari perintah software atau hardware yang biasa di sebut sebagai (Input), kemudian akan menghasilkan data yang di keluarkan atau disebut (Output). Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD), VGA Card dan Memori RAM. Setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari penggunanya. Dengan kata lain prosesor adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada suatu kecepatan clock internal pada sebuah kristal kuarsa, yang mengalami sebuah kismis listrik, yang disebut “peak”.

3. Bagian - bagian Prosesor

     Seperti yang sudah saya bilang di atas, prosesor tidak bekerja sendiri, prosesor saling terhubung dengan fungsi-fungsi komponen lainnya. Prosesor juga dibagi menjadi 3(tiga) bagian di mana di masing-masing bagian itu terdapat kegunaan sendirinya. Bagian itu adalah Control Unit (CU), Arithmatic and Logical Unit (ALU) dan Registry/Memory Unit (MU).

a. Control Unit (CU)

Pada bagian ini, semua perpindahan data perintah input diatur dan dikendalikan di sini. Kemudian dikirim lagi ke memori utama. Lalu hasilnya akan tampil di layar monitornya sebagai output atau menyimpannya ke dalam memori harddisk. Bisa dikatakan di sinilah lalu lintas sirkuit input output terjadi.

b. Arithmatic and Logical Unit (ALU)

Bagian ini berfungsi sebagai perhitungan matematika dan aritmatika. Pada prinsipnya bagian ini hanya mengenali bahasa mesin yakni bilangan 0 dan 1. Sebagai contoh jika kita menemukan peringatan di layar monitor sebagai hasil kesalahan software yang sedang dijalankan, ALU inilah yang bekerja dalam memahami bahasa mesin tersebut. ALU sendiri di bagi menjadi 4 jenis bagian.

  • Bit Slices Processor : Perancangan dengan menambahkan jumlah irisan bit (slices) untuk aplikasi-aplikasi tertentu
  • General Purpose CPU : CPU serbaguna atau mikrokomputer dengan semua kemampuan dari mini komputer terdahulu.
  • I/O Processor : Prosesor khusus yang berfungsi menangani input/output request membantu prosesor utama.
  • Dedidcated/Embedded Controller : Membuat mesin menjadi smart, seperti : mesin cuci, microwave, oven, mesin jahit, sistem pengapian otomotif. Prosesor jenis ini lebih dikenal dengan mikrokontroller.

c. Registry/Memory Unit (MU)

Bagian ini adalah tempat untuk menimbun data yang akan diproses sebelum data tersebut masuk ke memori utama. Memory unit ini memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil namun akses kecepatannya sangat tinggi.


0 komentar:

Post a Comment