ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Kenali VGA/Kartu Grafis di Perangkat Komputermu

     Bagi kalian pecinta gamer atau seorang yang bergelut dalam dunia digital grafis, audio maupun video pasti sudah tidak awam lagi untuk mengenal salah satu perangkat laptop/pc ini. Namun bagi kalian yang sering mengoperasikan atau menggunakan laptop/pc dalam melakukan kegiatan, pekerjaan, dan tugas-tugas sekolah belum tentu paham akan salah satu perangkat komputer ini. Kita semua tau perangkat komputer pc/laptop di susun dari beberapa mesin perangkat menjadi satu dalam motherboard sehingga komputer dapat di operasikan. Salah satu perangkat yang akan kita bahas kali ini adalah VGA atau biasa disebut kartu grafis.

Mengenali jenis VGA yang ada di perangkat komputer

Apa itu VGA/Kartu Grafis ?

     VGA adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali oleh IBM pada tahun 1987. Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC. VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis. (Wikipedia)

VGA atau kartu grafis sering di sebut dengan istilah video card, video adapter, display card, graphics card, graphics board, display adapter atau graphics adapter. Istilah VGA sendiri juga sering digunakan untuk mengacu kepada resolusi layar, apapun pembuat perangkat keras kartu grafisnya. Kartu VGA berguna untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor.

Jadi apa yang ditampilkan di dalam monitor itu semua adalah hasil olahan dari VGA. Kualitas VGA sangat bervariasi dan biasanya dikategorikan menjadi tiga bagian, low, medium, dan high. Masing-masing kategori tersebut yang menentukan ukuran kinerja sebuah VGA dalam mengolah ke layar monitor. Semakin tinggi kualitas VGA maka semakin bagus dan jelas tampilan yang dihasilkan dan juga akan sangat mempengaruhi kinerja sebuah perangkat komputer.

Bagaimana menentukan VGA yang Bagus ?

     Perlu diketahui, bagi kalian yang menggunakan laptop, VGA/kartu grafis sudah terpasang permanen dalam satu motherboard. Jadi ketika kalian ingin menentukan atau memilih laptop dengan VGA yang berkualitas adalah dengan cara mengamati dan membaca spesifikasi yang sudah tertera. Di situ biasanya sudah di jelaskan seri atau jenis VGA yang digunakan.


Jadi tentukan dulu fungsi dan kegunaan laptop yang dibutuhkan. Jika kalian hanya menggunakan laptop untuk sekedar mengoperasikan software yang ringan atau pekerjaan kantoran, tugas sekolah, maupun untuk belajar, tak perlu memilih laptop dengan VGA yang terlalu tinggi kualitasnya. Namun jika kalian membutuhkan laptop yang multiguna, mengolah grafis, video dan game perlu menggunakan laptop yang mempunyai spesifikasi VGA yang mumpuni.

Untuk kalian yang menggunakan PC dengan CPU yang didapatkan atau dibeli sudah rangkaian pabrikan, VGA bisa diganti atau di tingkatkan. Namun perlu diingat, sebuah perangkat CPU yang sudah terangkai dari pabrikannya itu sudah disetel dan disesuaikan dengan kapasitas perangkat yang lain.


Kinerja perangkat tidak seluruhnya bekerja pada VGA saja, perangkat yang lain seperti prosesor, RAM, hardisk, dan lain-lain yang berada dalam satu motherboard juga sangat mempengaruhi. Dan semuanya tidak sembarang terangkai, masing-masing perangkat saling menyesuaikan kebutuhannya. VGA yang mempunyai spek yang tinggi juga memerlukan prosesor yang kencang dan memori serta RAM dengan kapasitas besar. Hampir sama seperti laptop, semua sudah terangkai dan disesuikan, bedanya untuk PC dapat ditingkatkan spek VGAnya namun semua akan berpengaruh pada komponen yang lain yang harus ditingkatkan pula.

PC rakitan adalah yang paling fleksibel, namun semuanya harus dimulai saat merakit dari awal. Dari situ harus mulai ditentukan, mau PC dengan kualitas yang bagaimana. Tak hanya itu, menyesuaikan antar komponen saat merangkai juga harus sesuai dan juga pas.

Mengenali jenis VGA yang ada di perangkat komputer

Jika komponen yang dikombinasikan tidak sesuai atau tidak pas, maka akan berdampak buruk pada kinerja PC sekalipun komponen yang digunakan mempunyai kualitas yang bagus semua. Untuk itu jika kalian belum paham dalam merakit komponen PC, saya sarankan untuk meminta bantuan atau meminta jasa dari yang sudah ahli dalam bidangnya.

0 komentar:

Post a Comment