ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Mengenal Lebih Dalam Tentang Memory RAM

     Hai sobat grafisarena.com, bagaimana kabar kalian ? saya berharap semua dalam keadaan baik-baik saja. Oke, langsung saja sekarang saya akan memberikan ulasan artikel mengenai apa itu RAM. Di zaman teknologi ini saya yakin sobat sekalian pasti sering mendengar kata RAM. RAM adalah salah satu perangkat keras(Hardware) yang terpasang dalam perangkat elektronik yang sifatnya mengolah data, seperti komputer, laptop, gadget dan lain sebagainya.


Bagi yang masih awam mengenai apa itu RAM mungkin artikel ini akan berguna bagi kalian semua. Apa lagi sekarang banyak orang berburu benda elektronik seperti komputer laptop, gadget smartphone dengan melihat sisi spesifikasinya salah satunya adalah RAM. Dengan beranggapan bahwa semakin besar kapasitas RAM maka semakin cepat dan ringan pula kinerja perangkat elektronik pengolah data tersebut. Namun apakah kalian tahu apa itu RAM? apa fungsinya? dan bagaimana cara kerjanya dan lain sebagainya?

dan kali ini saya akan membahas itu semua. Namun secara khusus saya akan membahas mengenai RAM yang ada pada komputer namun secara umum fungsi dan cara kerja RAM di perangkat lain adalah sama.

Apa itu RAM ?

RAM, kepanjangan dari Random Access Memory yang jika diartikan per kata adalah memory akses acak, namun yang dimaksudkan adalah akses penyimpanan secara sementara. RAM adalah sebuah perangkat keras(hardware) yang bersifat menyimpan. RAM merupakan sebuah memori yang mempunyai kapasitas tertentu sebagai penerima data perintah, memprogram dan mengolah lalu mengeluarkan hasil olahan data yang akan diteruskan ke komponen perangkat lain seperti prosesor, harddisk dan sebagainya.

Apa Fungsinya, dan Bagaimana Cara Kerja RAM ?

Dari penjelasan tentang apa itu RAM seperti di atas mungkin sudah sedikit tergambarkan. Fungsi RAM yaitu sebagai penyimpan/mengakses data secara sementara atas dasar dari pengolahan data yang sedang dilakukan.

Prosesor yang notabennya adalah komponen yang fungsinya mengolah dan memproses semua data, tidak memiliki kapasitas memori yang cukup besar bahkan cenderung sangat terbatas sebagai penyimpan data atas perintah yang ada pada register. Jadi, prosesor tidak dapat menyimpan seluruh informasi yang diperlukan untuk menjalankan semua akses program, apalagi jika perintah akses program yang dilakukan mempunyai ukuran yang besar. Maka dari itu perlu komponen pendamping yang mempunyai kapasitas yang besar untuk membantu prosesor dalam menyimpan data dan intruksi yang berukuran besar untuk memperlancar mengolah data. komponen itu adalah RAM.

Cara kerjanya...

RAM bekerja berdampingan dengan prosesor untuk membantu kinerja prosesor. RAM akan menampung data input dari prosesor kemudian menyimpan data intruksi program yang diakses dan menyimpan data yang akan diolah maupun yang sudah diolah serta menyimpan hasil akhir data yang akan ditampilkan ke output.

RAM berhenti bekerja hanya saat sebuah perangkat itu mati. Jadi ketika kalian menghidupkan sebuah perangkat kalian entah itu komputer atau gadget, RAM sudah mulai bekerja untuk mengolah data seiring dengan berjalannya prosesor.

Contoh lain cara kerja RAM adalah ketika kalian menjalankan sebuah software atau aplikasi katakanlah di sini MS.Word sebagai contoh. Ketika kalian menjalankan MS.word dan mulai mengetik sebuah huruf atau kata, data tersebut secara otomatis akan tersimpan dalam RAM. Kemudian, jika kalian menutup MS.Word tersebut data yang tersimpan di RAM tadi akan hilang. Namun jika kalian menyimpan hasil kerja MS.Word sebelum menutupnya, maka data olahan yang tersimpan di RAM tadi akan beralih tersimpan di Harddisk/Hardrive. Ingat RAM sifatnya hanya menyimpan olahan data sementara yaitu pada saat perangkat itu bekerja.

RAM berkapasitas besar maka kinerjanya juga cepat

Bisa juga dikatakan seperti itu. Sebuah perangkat katakanlah komputer, memiliki puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, bahkan milyaran perintah data saat beroperasi. Jadi ketika sebuah perangkat mengolah data yang sangat banyak, tentunya hasil olahan data akan sangat besar ukurannya, maka semakin besar kapasitas RAM semakin besar juga ruang penyimpanan yang tersedia untuk menampung hasil olahan data pada saat diproses.

Namun yang perlu diingat, RAM tidak menentukan sendiri cepat lambatnya sebuah perangkat, masih ada komponen lain seperti prosesor dan sebagainya. Jadi jangan terpaku dengan ukuran besarnya RAM untuk menentukan kinerja sebuah perangkat.

0 komentar:

Post a Comment