ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Illustrator Membuat Gambar Landscape Wallpaper

Menggambar pemandngan menggunkan adobe illustrator

     Mungkin jika sobat pernah atau sering melihat lukisan/gambar yang di buat anak SD atau anak TK rata-rata terlihat kurang bagus. Faktornya mungkin karena sobat sekalian sudah lebih dewasa jadi sering melihat lukisan yang dibuat oleh profesionalnya. Terus wajar saja di umur anak-anak itu, mereka memulai untuk mengasah bakat mereka, jadi terkadang walaupun masih usia dini ada juga keterampilannya yang sudah terlihat atau menonjol.


Namun siapa sangka, kadang lukisan anak SD/Tk mempunyai nilai seni tersendiri. Kali ini grafisarena.com akan memberikan tutorial membuat gambar wallpaper landscape. Metodenya kita akan membuat gambar pemandangan layaknya buatan anak-anak kecil. Gambar ini juga bagus hasilnya kalau akan di buat sebuah wallpaper, tema, layout dan lain sebagainya.

Tekniknya kita akan membuat dengan beberapa Tool yang ada di Adobe Illustrator, seperti membuat garis path dengan bentuk dasar, atau dengan Pen Tool untuk membuat garis path dengan bentuk yang kita inginkan. Untuk pewarnaan bisa menggunakan Gradient Tool atau Mesh Tool untuk memberi warna gradasi.

Sekarang langsung saja kita ikuti tutorial berikut ini.

Step 1

Buka adobe illustrator kalian sob, lalu buat lembar dokumen baru dan atur ukuran kanvas atau latarnya. Di sini saya menggunakan ukuran 1000px X 560px.

Kemudian yang pertama kita membuat bentuk persegi dengan RectangleTool dengan memberi warna kuning.



Bentuk ini nantinya akan kita buat sebagai gambar daratan sebuah pemandangan.


Step 2

Kemudian Double Klik Warp Tool untuk mengatur parameter warp tool, kemudian sapukan warp tool kedalam bentuk persegi panjang yang sudah kita buat tadi.



Ini akan memberikan kesan gambar daratan yang tidak rata dengan bukit-bukit kecil.


Step 3

Sekarang kita gunakan Mesh Tool dan buat garis Mesh untuk kita gunakan sebagai garis pewarnaan gradasi nantinya. Usahakan dalam membuat garis mesh ikuti alur setiap lekukan yang sudah kita bentuk dengan Warp Tool tadi.




Step 4

Sekarang kita mulai pewarnaan, setiap persimpangan garis mesh tool terdapat titik Anchor dimana titik itu akan menentukan ruang area warna. Dengan menahan tombol Shift dan Klik titik anchor untuk menandai bagian titik anchor yang akan kita beri warna yang sama.

Dari mulai titik anchor pada garis mesh bagian bawah saya akan memberi warna hijau gelap, dan semakin ke atas saya akan memberi warna hijau muda sampai warna paling atas adalah warna kuning.



Ini nanti akan memberikan kesan daerah yang makin jauh maka semakin terang karena ada efek dari sinar matahari. Hasilnya kurang lebih akan seperti ini.




Step 5

Berikutnya kita akan membuat gambar langit. Buat sebuah persegi lagi dengan Rectangle Tool. Kemudian kita beri warna gradasi, kali ini kita menggunakan Gradient Tool untuk memberi warna gradasi. Gunakan tipe gradasi radial dengan warna dalam kuning dan warna luar orange.



Kita akan membuat warna langit dengan cahaya sunset. Tekan Shift + Ctrl + [ untuk menempatkan gambar langit di balik daratan.


Step 6

Sekarang kita buat sebuah lingkaran dengan Ellipse Tool dengan warna putih untuk kita jadikan sebuah gambar matahari. Kemudian di bentuk lingkaran itu kita pilih pada tab menu Effect > Stylize > Outer Glow atur nilai parameternya untuk membuat glow di sekitar bentuk lingkaran.




Step 6

Sekarang kita akan membuat gambar gunung. Gunakan Pen Tool untuk membuat bentuk kerucut menyerupai bentuk gunung pada umumnya. Dan beri warna biru gelap sebagai mana warna gunung terlihat dari jauh.



Kemudian kita gunakan Mesh Tool lagi untuk membuat garis mesh dan kita gunakan untuk pewarnaan gambar gunung nantinya.



Selanjutnya kita beri warna gradasi dengan teknik memberi warna pada titik anchor yang ditandai. Tekniknya sama dengan saat memberi warna gradasi pada daratan tadi. Semakin ke atas, warna gunung semakin terang.



Kurang lebih hasil dari pewarnaan akan seperti ini.



Kemudian buat satu gambar gunung lagi yang sama, dengan menggunakan teknik menggambar gunung seperti di atas.



Pindahkan latar gambar gunung di belakang latar daratan. Dengan menekan tombol Shift + Ctrl + [ pada gambar gunung, kemudian tekan tombol Shift + Ctrl + [ lagi pada gambar langit.

Menggambar pemandngan menggunkan adobe illustrator


Step 7

Berikutnya kita akan menggambar awan. Dengan Pen Tool buat sebuah bentuk menyerupai awan seperti ini.



Sekarang buat 2 buah awan putih seperti di atas dan 2 buah awan dengan warna orange muda atau krem.




Step 8

Setelah selesai membuat beberapa bentuk awan, sekarang tempatkan dan atur ukuran awan dengan menggunakan Scale Tool. Posisikan awan kurang lebih seperti ini.




Step 9

Sekarang kita akan membuat gambar jalan. Dengan PenTool buat bentuk gambar jalan seperti di bawah ini. Kemudian beri warna dengan Gradient Tool dengan tipe gradient radial.



Tambahkan beberapa gambar batu di pinggir jalan dengan menggunakan Pen Tool dan beri warna gradasi dengan Gradient Tool  seperti di bawah ini.




Step 10

Sekarang kita membuat gambar pohon untuk mengisi daratan yang kosong. Pertama buat lembar kerja baru dengan ukuran terserah sobat sekalian, menyesuaikan. Dan buat bentuk batang pohon dan daun seperti ini saja.



Sekarang mulai beri warna batang kayu dan daun tersebut dengan menggunakan Gradient Tool seperti berikut.

Menggambar pemandngan menggunkan adobe illustrator

Satukan bagian batang kayu dan daun sehingga membentuk sebuah gambar pohon seperti di atas.


Step 11

Sekarang drag gambar pohon yang sudah di buat tadi ke dalam lembar dokumen gambar pemandangan tadi. Kemudian duplikat beberapa pohon dan atur dengan beda-beda ukuran, lalu tempatkan pohon untuk mengisi di berbagai sisi gambar daratan.



Namun jangan asal menempatkan sob, di sini perlu di perhatikan antara warna gradasi pohon bagian gelap dan terang harus searah dengan arah cahaya matahari secara logika.


Step 12

Sekarang kita akan membuat bayangan dari masing-masing objek yang sudah kita buat seperti batu, awan dan pohon. Oke kita mulai dengan membuat bayangan batu dengan pen tool. buat sebuah bentuk bayangan di bawah gambar batu dan beri warna hitam. Jika sudah atur opacitynya menjadi 31%.




Step 13

Selanjutnya buat bayangan gambar pohon, langkahnya sama dengan membuat bayangan batu tadi. Membuat bentuk bayangan pohon pun juga cukup simpel saja. Yang perlu diperhatikan adalah jangan lupa arah bayangan juga menyesuaikan dari arah matahari.




Step 14

Masih dalam membuat bayangan, sekarang kita membuat bayangan awan di langit, membuatnya juga cukup mudah dan sama dengan membuat bayangan seperti langkah di atas. Tetap sesuaikan dengan arah cahaya.



Step 15

Sekarang kita tambahkan gambar garis marka di jalan. Buat bentuk menyerupai garis marka putus-putus dan beri warna putih.




Step 16

Jika sudah Semua bentuk akan seperti inilah struktur gambar yang terlihat.

Menggambar pemandngan menggunkan adobe illustrator

Oh iya, untuk tambahan kita bisa menambahkan lens Flare dengan Flare Tool Seperti di bawah ini.



Sudah selesai deh, cukup mudah bukan ? Kreatifitaskan imajinasi kalian sob untuk membuat karya yang lebih menarik lagi, Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Kritik serta saran silahkan di kolom komentar di bawah. ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment