ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Tutorial Illustrator Menggambar Boneka Flat Karakter


     Sekarang ini lagi tren sekali dengan desain grafis berbentuk flat 2 dimensi. Desain grafis flat ini terlihat sangat simple namun sangat menarik, desain gambar flat ini sering di gunakan untuk membuat desain emoticon, karakter, web/tema blog dan situs, desain kaos dan masih banyak lagi. Dalam membuat gambar flat ini sangat mudah, yang sobat perlukan hanya software pengolah gambar yang menurut sobat gampang untuk dipelajari. Banyak software pengolah gambar yang bisa digunakan untuk membuat desain gambar flat ini seperti adobe illustrator, corel draw, dan sebagainya.


Di sini grafisarena.com akan memberikan tutorial menggambar karakter flat dengan menggunakan software adobe illustrator. Bagi sobat sekalian yang mau belajar mendesain gambar flat, mari kita simak tutorial berikut ini.

Pertama sekali yang di lakukan adalah buka adobe illustrator kalian, dan buat dokumen baru dengan ukuran sesuai yang kalian inginkan, kemudian ikuti beberapa step di bawah ini.


Step 1

Buat sebuah bentuk dengan Rounded Rectangle Tool beri warna pada shape rectangle dengan warna krem, serta bentuk sudut rectangle kira-kira seperti ini.


Step 2

Sekarang aktifkan Ellipse Tool kemudian bentuk 2 buah lingkaran dengan tool tersebut. Dengan menekan dan tahan tombol Shift sambil klik dan drag mouse kalian untuk membentuk lingkaran yang simetris, dan beri warna coklat untuk kita jadikan 2 buah bola mata seperti ini.


Step 3

     Sekarang kita gunakan Rounded Rectangle Tool lagi untuk membuat alis. simple saja, cukup membuat satu bentuk rounded rectangel secara horizontal kemudian copy objek bentuk tersebut.
jika sudah terbentuk dua bentuk rounded rectangle, beri warna hitam. kemudian beri sedikit sentuhan rotasi untuk membuat kemiringan alis. Seperti ini.


Step 4

     Sekarang kita akan membuat bagian hidung. Gunakan Ellipse Tool untuk membuat sebuah lingkaran, kemudian gunakan Pen Tool untuk membuat garis kurva melengkung seperti di bawah ini.
Cara membuat/menggambar boneka flat karakter dengan adobe illustrator

Setelah itu posisikan bagian hidung dengan move tool ke dalam bidang wajang, atur secara simetris dengan struktur wajah lainnya.

Step 5

     Kemudian, sekarang buat bagian mulut, hampir sama dengan langkah sebelumnya, buat sebuah bentuk persegi panjang, lalu buat kedua sudut bagian bawah menjadi sudut lengkung.


Kemudian pindahkan bagian mulut yang sudah di buat ke dalam bidang wajah, dan sesuaikan posisinya.

Step 6

     Lanjut untuk bagian telinga kita buat bentuk dengan Rounded Rectangle Tool lagi. Buat bentuk di salah satu sisi kepala. kemudian tekan Alt + klik and drag + Shift untuk menduplikat bentuk telingan serta memposisikan di sisi satunya secara simetris.


Pilih objek bentuk telinga kemudian tekan Shift + Ctrl +[ untuk menempatkan posisi layer path bentuk telinga di bawah bentuk kepala

Step 7

Kemudian kita ke bagian membuat rambut, pertama buat bentuk seperti di bawah ini menggunakan Pen Tool dan beri warna abu-abuuntuk membuat rambut bagian samping.


Kemudian duplikat bentuk tersebut dengan tekan dan tahan tombol Alt + klik kiri sambil drag sedikit menyamping. Kemudian pilih Reflect Tool untuk membuat gambar menjadi bentuk yang berlawananan.


Jika sudah, drag untuk mengisi bagian rambut samping di sisi lainnya, seperti di atas.

Sekarang kita buat rambut bagian atas. Dengan Rectangle Tool kita buat sebuah persegi dengan warna yang lebih gelap dari warna rambut samping.


1. tambahkan beberapa titik anchor point dengan add anchor point tool dan hilangkan titik anchor point dengan delete anchor point tool di bagian kiri atas persegi. kemudian tambahkan garis handle dengan anchor point tool untuk membuat garis lengkung

2. Drag titik anchor point tool bagian kiri bawah persegi, dan tempatkan pada garis persimpangan dari bentuk rambut samping.


3. Buat lengkungan bagian kanan bawah persegi dengan cara seperti pada langkah nomor 1

4. Tambahkan add anchor point tool pada garis persegi pada bagian atas, untuk membuat garis lengkung.

Step 7

     Sekarang buat lagi bentuk dengan Rounded Rectangle Tool untuk membuat bentuk bagian leher, sesuaikan warna sama dengan warna bagian telinga.
Cara membuat/menggambar boneka flat karakter dengan adobe illustrator


Membuat bagian baju/badan bagian atas


Step 1


     Sekarang kita buat persegi panjang di bawah leher untuk di jadikan bentuk kaos dalam.


Tambahkan titik anchor point dengan add anchor point tool di garis atas persegi tepat di tengah-tengah, kemudian pilih Direct selection tool dan drag titik anchor yang sudah di tambahkan tadi ke atas sedikit dan akan terbentuk garis segitiga.


Pada objek kaos tekan Shift + Ctrl +[ untuk memindahkan layer path kaos di bawah leher.

Step 2

     Sekarang kita buat objek lingkaran dibawah bentuk kaos, kemudian tekan Shift + Ctrl + [ untuk memidahkan layer path.


Step 3

     Sekarang kita akan membuat baju kemeja. Buat bentuk persegi panjang dengan warna hijau. Kemudian pilih Shape builder tool untuk memotong bagian persegi yang akan di buang untuk membentuk kemeja.
Cara membuat/menggambar boneka flat karakter dengan adobe illustrator

Tempatkan kursor shape builder tool di bagian yang akan di buang, maka bagian itu akan terlihat kotak-kotak. Tekan dan tahan Alt + Klik kiri mouse, sedikit drag kemudian lepaskan, maka bagian tersebut akan hilang.

Step 4

     Selanjutnya buat gerai kemeja bagian bawah. Hapus titik anchor point yang atas, kemudian drag anchor point yang bawah.


Kemudian drag titik anchor point sedikit ke atas lagi hasilnya seperti ini.


Step 5

     Potong sudut bagian atas kemeja untuk nantinya di buat kerah kemeja. dengan menambahkan 2 titik anchor point dan menghapus 1 titik anchor point bagian sudut.


Step 6

     Duplikat bentuk kemeja untuk kemudian flip dengan Reflect Tool untuk membuat bentuk yang berlawanan untuk membuat bagian kemeja sisi yang lainnya.


Step 7

     Sekarang kita akan membuat kerah baju. Pertama buat bentuk sebuah dengan Pen Tool dengan warna hijau lebih gelap dari pada baju untuk membuat bayangan kerah, kurang lebih seperti ini.


Lalu duplikat dan flip dengan reflect tool untuk membuat hasil duplikat menjadi berlawanan. kemudian drag untuk mengisi bayangan kerah sisi lainnya.

Sekarang buat sebuah bentuk lagi dengan pen tool dengan warna hijau lebih muda dari baju untuk membuat kerah, seperti ini.


Duplikat dan flip kemudian drag untuk mengisi kerah sisi lainnya. Setelah selesai maka kita sudah mendapatkan gambar kerah baju.



Step 8

     Sekarang kita akan membuat bagian lengan. Pilih Line Segment Tool untuk membuat garis untuk lengan. Drag line segment tool kemudian tambahkan titik anchor dengan add anchor point tool dan garis handle dengan ancor point tool untuk membuat garis sedikit melengkung.


Tempatkan path lengan di bawah dengan menekan tombol Shift + Ctrl +[.


Buat juga lengan sebelahnya dengan cara yang sama seperti langkah di atas, kemudian tambahkan garis kecil untuk memberi tampilan telapak tangan.


Step 9

     Kemudian buat kemeja bagian lengan juga dan masih dengan menggunakan line segment tool sesuaikan garis lengan kemeja sesuai dengan garis lengan.


Begitu juga dengan lengan kemeja sebelahnya, buat dengan cara yang sama.


Tambahkan sedikit garis menggunakan line segment tool di bagian ujung lengan kemeja dengan memberi warna hijau lebih muda. Tujuanya untuk memberi tampilan lipatan lengan kemeja.



Membuat badan bagian bawah/celana


Step 1

     Hampir sama saat membuat lengan tadi, di langkah ini kita akan membuat bagian kaki. Pilih Line segment tool kemudian buat garis secara tegak lurus untuk membuta kaki/celana panjang, dengan warna hitam. Tekan Shift + Ctrl +[ untuk memindahkan path ke bawah.


Lakukan langkah di atas untuk membuat bagian kaki sebelahnya.

Step 2

     Jika sudah, lanjutkan untuk membuat sepatu. Dengan rectangle tool buat sebuah persegi panjang di bagian ujung celana dengan warna yang lebih gelap dari warna celana. Lalu tambahkan titik anchor point dengan add anchor point tool di sebelah garis atas persegi panjang. Hapus titik anchor point dengan delete anchor point tool pada sudit kanan atas bagian persegi. Gunakan Anchor point tool untuk membuat lengkungan di ujung sepatu.


Setelah itu buat persegi panjang lagi dengan lebar lebih kecil dan beri warna putih/abu-abu terang untuk membuat alas sepatu.

Step 3

     Pilih dan group select objek gambar sepatu dan alas sepatu. Kemudia duplikat dan flip untuk menggandakan sepatu secara berlawanan. Drag gambar sepatu dan sesuaikan dengan posisi kaki sebelah.


Sekarang kita sudah selesai untuk membuat sebuah gambar flat karakter boneka. kurang lebih hasilnya seperti ini.

Cara membuat/menggambar boneka flat karakter dengan adobe illustrator


Bagaimana sobat grafisarena, tutorial yang sangat mudah di ikuti bukan. Semoga apa yang sudah saya sajikan dapat bermanfaat bagi sobat sekalian. Teriamakasih sudah mengikuti tutorialnya. Nantikan tutorial serta tips dan trik lainnya di grafisarena.com.  ThankYou ;-)

0 komentar:

Post a Comment