ADA YANG BARU NIH...
Loading...

Ini Dia Tips Merakit PC Gaming Untuk Pemula

Ingin membeli PC dengan spek gaming atau yang lebih ringkas? Laptop gaming? Namun sayangnya harga laptop gaming sekarang ini harganya begitu melangit. Yahh wajar saja laptop dengan spek gaming selain performanya yang memang berkelas namun juga fleksibel dan ringkas untuk di bawa, seperti ASUS dengan ROG seriesnya, DELL dengan ALIENWARE seriesnya, ACER dengan PREDATOR seriesnya dan masih banyak lagi.

Cara Merakit PC Gaming, Merakit PC sendiri, PC gaming rakitan, Tips Merakit PC Gaming


Budget terbatas? Masalah utama yang sering dialami ketika ingin mempunyai perangkat gaming biasanya adalah terbatasnya budget yang dimiliki. Mengingat komponen untuk perangkat gaming itu memang mahal. Namun jangan khawatir, bagi kalian yang ingin mempunyai perangkat gaming dengan biaya terbatas bisa mencoba dengan merakit perangkat gaming sendiri.
Saya tidak bisa mengatakan merakit perangkat gaming akan lebih murah dari kita membeli laptop atau perangkat pabrikan yang sudah mempunyai spek gaming. Semua itu tergantung dari kita, semakin tinggi spesifikasi yang akan kita rakit semakin banyak pula kita mengeluarkan biaya untuk membeli setiap komponennya. Namun merakit perangkat/pc gaming bisa dibilang lebih irit dari pada kita membeli pabrikan atau yang sudah jadi.

Sebelum sobat sekalian merakit perangkat gaming, ada baiknya jika kita memperhatikan spesifikasi dari beberapa komponen untuk membuat perangkat/pc dengan spek gaming. Dengan demikian nantinya sobat bisa menentukan komponen yang dibutuhkan dengan menyesuaikan budget yang ada.

Spesifikasi Komponen Merakit Perangkat/Pc Gaming


a. Processor

Yang pertama adalah menentukan prosesor. Prosesor ini adalah hal yang paling utama dari sebuah perangkat. Meskipun semua komponen perangkat saling terhubung seperti VGA/Kartu grafis, RAM, Harddisk, dan sebagainya, namun prosesor ini tetap yang paling inti. Karena bisa dibilang prosesor ini adalah otak dari semuanya. Semua komponen lainnya bekerja dan terhubung ke dalam prosesor. Maka dari itu prosesor adalah hal yang paling utama untuk kita menentukan dalam hal merakit sebuah perangkat.


Jika kalian ingin merakit perangkat/pc spek gaming, spesifikasi minimal yang dibutuhkan adalah prosesor 4 core. Mayoritas game-game pc saat ini membutuhkan prosesor dengan spesifikasi 4 Core untuk menjalankannya.

Dalam segi budget kalian bisa menggunakan prosesor Intel Pentium G3258, Intel Pentium Kabylake 2 Core 4 yang baru atau bisa yang lainnya yang menurut kalian masih mampu untuk membelinya.

Sedikit tambahan, Intel memiliki sebuah teknologi yang dinamakan Hyper Threading. Teknologi yang mengadaptasi sebuah prosesor dengan jumlah Core yang hanya 2, namun memiliki kemampuan seperti 4 Core. Begitupun selanjutnya Core berjumlah 4 memiliki kemampuan seperti 8 Core dengan Hyper Threading.

b. Motherboard

Selanjutnya jika kalian sudah menentukan Prosesor yang dipilih, berlanjut pada menentukan pilihan motherboard. Dalam menentukan motherboard juga tidak asal-asalan, kalian harus menentukan motherboard dengan socket yang sesuai/cocok untuk prosesor yang sudah kamu pilih. Misalnya kalian mempunyai prosesor dengan socket LGA1151, motherboard yang harus dipilih ya yang mempunyai socket LGA1151 juga supaya prosesor dapat terpasang dengan pas di dalam motherboard.

Cara Merakit PC Gaming, Merakit PC sendiri, PC gaming rakitan, Tips Merakit PC Gaming

Untuk menentukan motherboard dengan menyesuaikan budget kalian, caranya dengan melihat seri chipset pada motherboard. Jika kamu memiliki budget yang minim kamu bisa memilih seri chipset motherboard dengan awalan "H", jika kamu memiliki budget yang lebih lagi kamu bisa memilih dengan seri chipset motherboard yang berawalan "B", jika budget kamu memang benar-benar memungkinkan untuk mendapatkan yang terbaik sekaligus bisa untuk Overclock, kamu bisa ambil motherboard dengan seri chipset berawalan "Z".

Misalnya chipset yang berawalan "H" seperti motherboard Gigabyte GA-H110M-DS2 untuk low class/kelas dasar. Chipset berawalan "B" seperti motherboard Gigabyte GA-B150M-DS3H untuk medium/kelas menengah. Untuk kelas tertingginya chipset berawalan "Z" seperti motherboard Gigabyte GA-Z170X-Ultra Gaming.

c. VGA/Kartu Grafis

Berikutnya adalah menentukan VGA/Kartu grafis. Kartu grafis di sini berguna dalam kemampuan membaca segi graphic dan juga randering video yang ditampilkan dalam monitor. Semakin bagus kualitas kartu grafis semakin bagus juga kinerja perangkat dalam menangkap tampilan graphicnya dan tentunya harganya juga semakin mahal juga.


Banyak di pasaran beberapa varian kartu grafis yang disediakan mulai dari low-end sampai high-end. Banyak pilihan serta harga, semuanya tergantung budget yang ada. Kualitas serta spesifikasi yang ditawarkan juga sangat beragam. Namun akhir-akhir ini produsen yang selalu bersaing ketat dalam hal memproduksi kartu grafis adalah produsen dari AMD dan NVIDIA.

d. RAM

Kemudian adalah menentukan RAM (Random Access Memory). Hal yang paling utama dalam menentukan/memilih RAM adalah melihat jenis dari RAM itu sendiri. Pada keluaran produksi RAM pada saat ini umumnya adalah RAM dengan jenis DDR3 atau yang lebih baru lagi yaitu DDR4. Sebelum itu kalian perlu melihat kembali motherboard yang sudah kalian pilih. Socket RAM jenis apa yang ada dalam motherboard kalian? apakah socket dengan jenis DDR3 atau DDR4 dan biasnya motherboard keluaran terbaru memiliki lebih dari satu socket RAM untuk me-upgrade RAM dengan cara menambahkan.


Untuk membuat perangkat dengan performa gaming, grafisarena menyarankan kalian untuk menggunakan RAM dengan kapasitas 8 GB. Meskipun terkadang game seperti Overwatch bisa berjalan di RAM berkapasitas 2 GB tetapi perangkat PC masih terbebani dengan sistem lainnya seperti windows/linux/mac os. Tidak seperti perangkat Konsol seperti playstation dan juga XBOX yang memang digunakan untuk bermain game saja sehingga kinerja RAM memiliki manajemen yang baik. Maka dari itu RAM dengan kapasitas 8 GB adalah pilihan yang tepat dan juga menggunakan satu socket dengan ukuran RAM 8 GB lebih baik dari pada menggunakan 2 socket RAM dengan ukuran masing-masing 4 GB.

e. Power Supply

Power supply merupakan salah satu komponen paling penting juga dalam sebuah perangkat. Power supply ini adalah sumber daya dari sebuah perangkat. Power supply bertugas mengubah arus daya AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen perangkat/PC sehingga dapat menyala dan berfungsi.


Karena power supply ini adalah bagian penting dari yang terpenting, maka jangan pernah menggunakan power supply yang abal-abal/murahan. Untuk yang satu ini meskipun harus mengeluarkan isi budget yang lumayan menguras, namun akan sangat berguna sekali untuk ketahanan sebuah perangkat. Tidak menutup kemungkinan, cuma karena power supply yang abal-abal/murahan tersebut dapat merusak seluruh komponen perangkat PC sekalipun komponen lainnya yang kalian gunakan memiliki kualitas terbaik.

Gunakanlah power supply yang memiliki sertifikat 80+ bronze. Untuk pandangan merek kamu bisa menggunakan Seasonic atau Super Flower atau yang sekelas dengan kedua merek tersebut.

f. Memory Harddisk

Harddisk/Ruang penyimpanan juga sangat berpengaruh sekali terhadap terangkainya perangkat, apalagi jika kalian akan merakit perangkat PC spek gaming. Game PC saat ini kebanyakan memiliki ukuran file yang besar, jadi jika kita menggunakan Harddisk dengan kapasitas rendah maka ruang penyimpanan akan terasa sempit, belum lagi terkadang game atau software yang terinstal membutuhkan ruang penyimpanan yang besar.


Saran untuk kalian jika ingin merakit perangkat PC dengan spesifikasi gaming, gunakan harddisk dengan kapasitas minimal sebesar 1 TB. Dengan kapasitas minimal 1 TB sudah lumayan bagus untuk membangun PC gaming.

g. Cassing

Untuk Cassing sendiri sobat sekalian bebas menentukan pilihan. Sesuai selera, entah itu yang simple atau yang seperti robot agar terlihat nuansa gamingnya.hehe...Namun yang jelas hal yang perlu diperhatikan adalah pilihlah casing dengan fitur kabel yang lengkap, meskipun tidak semuanya terpakai. Kemudian sesuaikan ukuran casing dengan ukuran motherboard yang kalian miliki. Contohnya jika kamu menggunakan motherboard dengan ukuran ATK pilihlah casing dengan ukuran ATK juga.


Mungkin beberapa tips untuk merakit sebuah perangkat PC gaming dari grafisarena.com itu saja. Bila sobat ingin menambahkan silahkan kritik dan sarannya di kolom komentar bawah ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sekaligus membatu bagi kalian yang ingin mencoba merakit sendiri PC gaming. ThankYou.

0 komentar:

Post a Comment